Microsoft Siapkan Cortana, Asisten Pribadi untuk Windows

Jakarta – Microsoft akan segera mengikuti jejak Apple dan Google mengembangkan aplikasi asisten pribadi. Jika Apple iOS menggunakan nama Siri dan di Android ada Google Now, maka Microsoft memilih menggunakan nama Cortana untuk aplikasi asisten pribadinya.

Aplikasi ini sebenarnya telah muncul dalam bocoran Windows Phone beberapa bulan lalu dengan nama zCortana. Huruf ‘z’ di depan nama aplikasi Cortana menunjukan aplikasi tersebut masih dalam masa uji coba.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (14/9), nama Cortana sendiri diambil dari salah satu karakter di game Halo, yakni sosok seorang wanita pintar dari intelegensi buatan. Aplikasi asisten pintar yang tengah dikembangkan Microsoft ini kabarnya akan dihadirkan pada Windows Blue yang dijadwalkan akan dirilis awal 2014 mendatang.

Pada tahun 2011 lalu Microsoft memang pernah mengungkapkan bahwa berencana akan mengembangkan aplikasi asisten pribadi yang berbeda. Namun saat itu Microsoft menyatakan asisten digital besutan mereka itu kemungkinan baru akan terwujud antara tahun 2014 hingga 2016.

Berbeda dengan Siri dan Google Now, Microsoft menyiapkan Cortana tidak hanya untuk smartphone saja, tapi juga untuk perangkat Windows lainnya seperti komputer desktop, laptop dan tablet PC.

Jika Cortana benar-benar dapa terwujud, perangkat Windows Phone akan segera dibekali aplikasi asisten pribadi seperti yang sekarang digunakan pada perangkat iPhone dan Android.[HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0