Microsoft Siap Boyong Cortana ke iOS dan Android?

Google Now vs Siri vs CortanaJakarta – Kemampuan Cortana memprediksi skor di ajang Piala Dunia dan di ajang pencarian bakat menyanyi membuat Microsoft memiliki rencana lain. Asisten artificial digital ini kabarnya akan segera tersedia untuk pengguna perangkat iOS dan Android.

Seperti dilansir telsetNews dari laman Cnet (18/3/2015), sosok yang sedang mengembangkan Cortana mengklaim akan menjadikan layanan tersebut sebagai sebuah aplikasi yang berdiri sendiri. Aplikasi ini nantinya akan tersedia di Apple AppStore dan Google PlayStore.

Kemunculannya disebut akan diawali setelah Microsoft secara resmi menyediakan update sistem operasi Windows 10. Perusahaan asal Redmond ini disebut tengah mengembangkan Cortana dalam sebuah proyek bertajuk, Einstein.

“Teknologi yang ditanamkan nantinya membuat Cortana bisa membaca dan memahami konten e-mail, akan memegang peran penting. Untuk itulah, saat ini kami sedang mengembangkan kemampuan Cortana,” ungkap Eric Horvitz, Managing Director Microsoft Research disela sesi wawancara dengan Reuters.

Rencana ini seakan sejalan dengan strategi bisnis Microsoft dibawah kepemimpinan Satya Nadella yang akan fokus di industri mobile. Kemampuan layanan yang namanya diambil dari game Halo ini merupakan jawaban atas kehadiran Siri, layanan berbasis perintah suara milik Apple.

Bedanya, jika Siri hanya dikembangkan untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna dan membuat catatan pengingat maka Cortana jauh dari itu. Cortana bukan hanya bisa menjawab pertanyaan penggunanya, tetapi juga dengan informasi dari mesin pencari Bing memadukannya menjadi informasi pemberitahuan dan update lengkap mengenai  informasi tertentu yang sedang dicari oleh penggunanya. (EA/HZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0