telset

Microsoft Sebut Kelompok Hacker Rusia Incar Organisasi Olahraga

Telset.id, Jakarta  – Microsoft telah melacak serangan siber berbahaya dari grup bernama Strontium atau Fancy Bear. Kelompok hacker Rusia tersebut menargetkan otoritas anti-doping dan organisasi olahraga global.

Kelompok hacker Rusia yang juga dikenal sebagai APT28 itu telah dikaitkan dengan pemerintah Rusia. Setidaknya, 16 organisasi olahraga dan anti-doping nasional maupun internasional di tiga benua menjadi sasaran.

{Baca juga: Ngaku Pejabat AS, Hacker Rusia Bobol Perusahaan Amerika}

Menurut Microsoft, seperti dikutip Telset.id dari Reuters, Selasa (29/10/2019), serangan para peretas dimulai pada 16 September 2019 lalu. Sebagian serangan dilaporkan berhasil, sebagian lagi gagal.

Microsoft telah memberi tahu semua pelanggan yang ditargetkan dalam serangan tersebut. Perusahaan berharap, mereka melakukan antisipasi supaya tidak menjadi korban serangan Strontium.

Strontium, kelompok spionase dunia maya tertua, acap dikenal sebagai Sofancy and Pawn Storm oleh sejumlah perusahaan keamanan dan pejabat pemerintah. CrowdStrike menyebutnya terkait Rusia.

Microsoft mengatakan, Strontium merilis catatan medis dan email yang diambil dari organisasi olahraga dan pejabat anti-doping pada 2016 dan 2018. Akibatnya, muncul dakwaan di pengadilan federal.

{Baca juga: Bikin Panik, Hacker Sebar Peringatan Serangan Nuklir dari Korut}

Perusahaan menambahkan bahwa metode dalam serangan terbaru mirip yang digunakan oleh Strontium untuk menargetkan pemerintah, militer, lembaga think tank, firma hukum, dan organisasi HAM. [SN/HBS]

Sumber: Reuters

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0