Microsoft Juga Tertarik Pinang Here

Here Maps di iOSJAKARTA –  Tak cukup hanya dengan membeli divisi mobile Nokia, kini Microsoft diketahui ikut dalam pertarungan dengan sejumlah perusahaan dunia untuk membeli layanan peta Here. Meskipun tidak menjadi penawar utama, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini diketahui berniat membeli sedikit saham milik Nokia.

Sumber terdekat kepada Bloomberg bahkan menyebut saat ini perusahaan Uber Technologies turut menggandeng Baidu dan Apax Partner untuk ikut mengajukan penawaran. Sebelumnya dirumorkan Uber siap menggelontorkan USD 3 miliar untuk meminang Here.

“Kelompok lainnya, yang terdiri dari Tencent Holdings Ltd, NavInfo CO. dan lembaga ekuitas asal Swedia EQT Partners AB juga melakukan penawaran, dengan total dana sebesar USD 4 miliar, ketiganya memastikan tidak akan memberikan keterangan lebih lanjut mengingat negosiasi ini bersifat pribadi”

“Microsoft Corp. juga menawarkan diri untuk membeli saham minoritas, dari tiga ekuitas AS yakni Hellman & Friedman, Silver Lake Management  dan Thoma Bravo yang juga tengah bersaing mendapatkan Here,” pungkas satu sumber seperti dilansir telsetNews dari laman Phone Arena, Rabu (20/5/2015).

Selain perusahaan teknologi, perusahaan otomotif dunia asal Jerman seperti Audi AG, BMW AG dan Daimler AG diketahui juga berniat meminang Here. Sementara dari kalangan pesaing di ranah teknologi, persaingan sengit antara Apple, Facebook dan Alibaba juga memiliki niatan yang sama.

Nokia sendiri memastikan akan memberikan batas waktu dua minggu sebelum penawaran berakhir bagi perusahaan yang serius akan membeli Here. Layanan peta digital Here hingga kini menyediakan data untuk sejumlah perusahaan mulai dari Amazon, Microsoft, Yahoo hingga digunakan dalam sistem navigasi kendaraan besutan Toyota Motor Corp. dan Honda Motor Co.

Perusahaan asal Finlandia ini menyebut layanan peta miliknya memiliki nilai lebih dari USD 3,4 miliar. Keputusan Nokia melego Here membuat banyak pihak kaget, mengingat sebulan yang lalu perusahaan ini baru saja menandatangani kesepakatan jual beli dengan Alcatel-Lucent SA senilai 15,6 Euro.[EA/HBS]

SourceBloomberg

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0