Microsoft Gratiskan Windows 10 Mobile untuk Perangkat 9 Inci

Telset.id, Jakarta – Microsoft yang sejatinya penguasa sistem operasi desktop tengah berupaya agar dapat lebih dapat bersaing dengan Android di ranah mobile. Tak ada jalan lain selain menggratiskan sistem operasinya secara lebih luas.

Microsoft memang telah menggratiskan Windows 10 mobile, namun masih terbatas untuk perangkat dengan layar maksimal 8 inci yang bisa menggunakannya. Kini Microsoft telah memperluas spesifikasi minimum bagi perangkat Windows 10 hingga layar 9 inci.

Dengan update terbaru ini, maka sekarang ponsel dan tablet Windows 10 yang ada di pasaran bisa memakai sistem operasi Windows 10 secara gratis. Dengan begitu, para pabrikan smartphone akan semakin tertarik membuat phablet atau tablet dengan sistem operasi Windows 10.

Kabar lain yang disebar Microsot adalah spesifikasi minimum yang kini meningkat kalau mau lancar menggunakan update baru Windows 10. Jadi kalau dulu dengan RAM 1 GB saja sudah bisa menjalankan Windows 10, sekarang pengguna wajib punya perangkat dengan RAM minimum 2 GB.

Selain itu, Microsoft juga meningkat spesifikasi minimum untuk perangkat Windows 10. Jika sebelumnya dengan RAM 1 GB saja sudah bisa menjalankan Windows 10, kini perangkat minimal harus memiliki RAM 2 GB, dan kapasitas memori internal yang harus tersedia untuk Windows 10 adalah 16 GB untuk yang versi 32 bit dan 20 GB untuk yang 64 bit.

Microsoft juga mengatakan bahwa setiap perangkat Windows 10 Mobile setidaknya harus memiliki chipset yang mendukung untuk menjalankan OS buatannya. Beberapa chip buatan Qualcomm yang dianggap sesuai adalah Snapdragon 810, Snapdragon 808, Snapdragon 617, Snapdragon 210, Snapdragon 208, Snapdragon 820 dan Snapdragon 625.[HBS]

SourceMS Power

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI