Mark Zuckerberg Orang Terkaya ke-4 Sejagat

Telset.id –  Pasti Anda pernah mendengar istilah “rezekinya anak”. Istilah itu sering diucapkan saat seseorang ketiban razeki ketika anaknya baru lahir. Nah, kali ini bos Facebook, Mark Zuckerberg bisa menjadi “buktinya”, dimana dia berhasil menjadi orang terkaya ke-4 di dunia setelah kelahiran putrinya, Maxima.

Meroketnya saham Facebook hingga 9,6% di awal tahun 2016 ini telah membuat rekening Zuckerberg semakin gendut. Total uang yang dikantongi pendiri Facebook ini diperkirakan mencapai USD 50 miliar atau setara Rp 684 triliun.

Seperti dilansir Bloomberg, Jumat (5/2/2015), dengan jumlah kekayaannya tersebut, Zuckerberg berhasil masuk ke jajaran 4 besar orang terkaya di dunia menurut Indeks Bloomberg Billionaires.

Menariknya, kekayaan Zuckerberg semakin berlimpah saat dia mengambil cuti dua bulan karena kelahiran putrinya, Maxima. Sebelumnya Zuckerberg berada di posisi ke-6 orang terkaya di dunia.

Jika Zuckerberg bergembira karena naik kelas, tidak demikian dengan pendiri Amazon, Jeff Bezos, yang kini harus terlempar dari posisi 5 besar. Bos Amazon ini berada di posisi 6 dengan kekayaan USD 49,1 miliar atau sekitar Rp 672 triliun.

Menurunnya nilai saham Amazon sebesar 18% di tahun ini telah memangkas kekayaan Bezos hingga USD 10,6 miliar. Hal inilah yang menyebabkan posisinya melorot dari sebelumnya berada di posisi ke-4, yang kini diambil alih Zuckerberg.

Lalu siapa orang terkaya sejagat? Posisi puncak masih tetap diduduki oleh Bill Gates. Pendiri Microsoft ini memiliki kekayaan bersih sebanyak USD 78,7 miliar atau sekitar Rp 1.078 triliun. Posisi kedua ditempati pemilik Zara fashionista, Amancio Ortega dengan kekayaan USD 69,3 miliar (Rp 949 triliun)

Selanjutnya Warren Buffett dari Wall Street menempati urutan ketiga dengan USD 59,6 miliar (Rp816 triliun). Sementara bos America Movil SAB, Carlos Slim melorot ke posisi kelima.

Bloomberg juga mencatat Zuckerberg adalah satu-satunya miliarder di antara lima orang terkaya di dunia yang kekayaannya meningkat tahun ini. Dan setengah dari 10 orang terkaya di Bumi mengeruk kekayaannya dari bidang teknologi.[HBS]