Telset.id – E-book digadang-gadang akan menggantikan buku berbahan kertas, karena dianggap lebih praktis dan murah. Namun dari hasil penelitian di Amerika Serikat, E-book ternyata masih belum bisa menggusur peran buku di lingkungan mahasiswa.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Naomi Baron, pengajar di Universitas Amerika, menemukan fakta bahwa 92% mahasiswa di universitas lebih menyukai membaca buku biasa ketimbang E-book.

Padahal, E-book justru hadir dengan jargon kenyamanan membaca, bukan? Juga lebih murah dan ringan dibawa.

Nah, hasil temuan Baron ini ditulis dalam bukunya yang berjudul “Words Onscreen: The Fate of Reading in a Digital World”.

Untuk menemukan fakta ini, Baron dan peneliti lain melakukan survey pada 300 mahasiswa di berbagai universitas dari Amerika Serikat, Jepang, Jerman dan Slovakia.

Dalam temuannya, para mahasiswa di berbagai universitas itu merasa kurang nyaman membaca melalui e-readers, laptop, ponsel dan tablet.

“Para mahasiswa masih senang bersentuhan dengan buku, sebagai salah satu komponen membaca. Uniknya di Slovakia, bahkan pelajar di sana menyukai aroma buku sebagai daya tarik,” kata Baron, seperti dilansir dari NBC News.

Dia menambahkan, untuk bacaan ringan, misal berita, mereka memang menggunakan gadget. Layar yang lebar jadi pilihan mereka untuk membaca artikel. Nah, bagaimana dengan Anda, lebih menyukai E-book atau buku biasa? [VP/HBS]