Yuk, Ikutan Lomba Desain Toilet NASA Berhadiah Rp 287 Juta

Telset.id, Jakarta NASA menawarkan uang senilai USD 20.000 atau Rp 286 juta kepada siapapun yang punya desain terbaik untuk toilet luar angkasa sebelum misi perjalanan ke Bulan pada 2024 mendatang.

Toilet luar angkasa sudah digunakan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Toilet tersebut dirancang khusus untuk gaya berat mikro. Gaya berat mikro berarti orang maupun benda tampak tidak berbobot.

Namun, dikutip Telset.id dari New York Post, Senin (29/06/2020), misi ke Bulan akan membutuhkan desain khusus agar toilet luar angkasa di pesawat ulang-alik bekerja dalam gravitasi Bulan, yang kira-kira seperenam gravitasi Bumi.

{Baca juga: [VIDEO] Begini Proses Matahari Terbenam di Planet Selain Bumi}

Desain toilet luar angkasa untuk NASA harus mematuhi spesifikasi tertentu. Sebagai misal, beratnya kurang dari 33 pound dalam gravitasi Bumi, berukuran tidak lebih dari 4,23 kaki kubik, dan mengonsumsi daya kurang dari 70 watt.

“Meskipun tahu cara membuat toilet, kami menyadari bahwa ada banyak inovasi dalam pengelolaan limbah toilet tanpa siram hingga toilet tanpa air,” kata Mike Interbartolo dari Johnson Space Center NASA.

Ia mengemukakan, NASA ingin memperluas basis pengetahuan melalui tantangan desain toilet luar angkasa untuk misi ke Bulan. NASA ingin menemukan yang tidak diketahui yang mungkin ada di luar sana.

{Baca juga: NASA Berhasil Abadikan Foto Lubang Hitam di Pusat Bima Sakti}

“Kami sangat menantikan untuk melihat apa yang bisa dihasilkan oleh komunitas crowdsourcing yang out-of-the-box dan membawa perspektif berbeda untuk apa yang dibutuhkan untuk toilet luar angkasa,” imbuhnya.

Hadiah untuk juara, peringkat dua, dan peringkat tiga masing-masing Rp 287 juta, USD 10.000 atau Rp 143 juta, dan USD 5.000 atau Rp 72 juta.

Batas waktu pengiriman 17 Agustus 2020. Sementara pengumuman pemenang pada 30 September 2020. Tertarik, sob? (SN/MF)

Related Articles

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0