Gerhana Matahari Cincin akan Terlihat di 432 Titik di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Fenomena gerhana matahari cincin akan terlihat di langit Indonesia pada Minggu (21/06/2020) mendatang. Fenomena langka tersebut bisa disaksikan di 432 kota dan kabupaten di 31 Provinsi Indonesia.

Menurut BMKG, seperti dikutip Telset.id pada Kamis (18/06/2020), kota dan kabupaten tersebut memiliki magnitudo gerhana lebih dari 0, dan bentuk yang akan dilihat nanti adalah gerhana matahari sebagian.

Di Indonesia sendiri, magnitudo terentang mencapai sekitar 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Selain kedua kota tersebut, fenomena gerhana mtahari cincin bisa terlihat di banyak kota di Indonesia. Di Sumatera, msayarakat kota-kota besar seperti Palembang, Padang, Medan, hingga Banda Aceh diprediksi akan melihat fenomena langka tersebut.

{Baca juga: Indahnya Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Singkawang}

Selanjutnya, untuk wilayah Kalimantan, mayoritas masyarakatnya bisa melihat fenomena tersebut dari wilayah Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, dan lain sebagainya karena magnitudo gerhana mereka diatas 0.

Tidak jauh dari Kalimantan, wilayah Sulawesi juga mengalami hal serupa. Masyarakat di Makassar, Mamuju, Palu, Kendari, Manado, dan kota-kota sekitar juga bisa melihat fenomena tersebut. Kota-kota di Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan Papua pun turut berkesempatan menyaksikan fenomena gerhana pada tanggal 21 Juni 2020 nanti.

Sayangnya, terdapat 83 kota di Indonesia yang tidak berkesempatan melihat fenomena gerhana matahari cincin. Puluhan kota tersebut adalah 2 kota di Provinsi Bengkulu, 7 kota di Provinsi Lampung, 10 kota Jawa Tengah, dan 7 kota di Jawa Timur, serta semua kota di Jawa Barat (kecuali Indramayu), Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta.

Gerhana Matahari Cincin Indonesia

Berdasarkan pemaparan BMKG terdapat 3 fase gerhana, yakni Kontak Awal Gerhana, Kontak Puncak Gerhana, dan Kontak Akhir Gerhana. Fase paling awal akan terjadi di Sabang, Aceh pukul 13.16 WIB dan fase awal paling akhir adalah Kepanjen, Jawa Timur pukul 15.19 WIB.

Sementara untuk fase puncak, terjadi paling awal di kota Sabang, Aceh pada pukul 14.34 WIB dan paling akhir di Agats, Papua, yaitu pukul 17.37 WIT.

Gerhana Matahari Cincin Indonesia

Fase paling akhir pertama kali terjadi di Tais, Bengkulu pada pukul 15.06 WIB dan waktu paling akhir akan terjadi di Melonguane, Sulawesi Utara, pada pukul 17.31 WITA.

{Baca juga: Fenomena Gerhana Matahari Cincin jadi Trending di Twitter}

Gerhana Matahari Cincin

Total, jika dihitung fase awal hingga akhir, maka durasi gerhana paling lama akan terjadi di Sabang, Aceh, yaitu selama 2 jam 27 menit 11,1 detik dan durasi paling singkat adalah Kepanjen, Jawa Timur, yaitu hanya selama 3 menit 17,1 detik. (NM/MF)

SourceBMKG

Related Articles

10 COMMENTS

  1. ayo guys gabung di tempat kita lagi banyak permainan baru yang di belum ada di tempat lain nya join sekarang juga https://wama88.com/

  2. ayo teman-teman gabung di sbobet sekarang juga kita lagi banyak promosi yang menarik jangan sampai kelewatan kali ini https://sbobetmaju.com/

  3. ayo teman yang pada suka main tembak nomor bisa langsung join di sini di jamin terpercaya https://99togel.org/

  4. ayo singgah dulu ke https://realbola.fun/ banyak permainan yang di gemari oleh pemain dan jangan lewatkan bonusannya

  5. ayo bagi yang suka main enak-enak bilang langsung gabung di sini https://enakmain.com/ jangan sampai ketinggal ya kawan-kawan

  6. ayo guys yang suka main dingdong bisa langsung bergabung di https://arcade99.com/ di jamin seru game nya

  7. ayo bagi teman-teman yang pengen main poker ayok langsung gabung di sini https://pokerwebster.org/ pasti di jamin menang terus

  8. ayo teman-teman yang pengen main poker ayok langsung gabung di sini https://pokerwebster.org/ pasti di jamin menang terus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -