Huawei Mate 40 akan Gunakan Kamera Periskop O-Film?

Telset.id – Baru-baru ini, sebuah perusahaan teknologi kamera ponsel bernama Ophelia, dikabarkan telah berhasil mengembangkan kamera periskop terkecil di dunia yang disebut O-Film. Leakster ternama di Weibo, Digital Chat Station, memprediksi bahwa Huawei Mate 40 atau P50 Series akan menjadi yang pertama mengadopsi kamera periskop O-Film ini.

O-Film membawa mekanisme modul lensa periskop untuk smartphone yang menawarkan zoom secara kontinu. Lensa ini pun memiliki rentang fokus yang dapat berubah ,tidak seperti lensa periskop yang telah digunakan pada smartphone saat ini yang hanya terkunci pada focal length.

Kamera Periskop O-Film Huawei

{Baca juga: Huawei P40 Pro Review: Tetap ‘Pede’ dengan HMS}

Memiliki ukuran setebal 5,9mm, modul kamera periskop O-Film dapat berpindah antara 85mm dan 170mm (setara 35mm) dengan bukaan lensa yang dapat berubah dari f/ 3.1 ke f/ 5.1.

Sekedar informasi, kamera persikop yang tesedia pada kamera Huawei P40 Pro memiliki panjang 125mm, dan pada P40 Pro+ yaitu 240mm.

Modul lensa periskop O-Film memiliki kemampuan zoom secara optik 3x hingga 7x dibandingkan dengan kamera wide biasa. Ophelia mengklaim bahwa mereka juga dapat memproduksi desain periskop dengan rentang zoom 3-5x, 5-8x, dan 3,5-9,5x.

Untuk mekanismenya, sebenarnya masih mirip dengan modul kamera periskop yang sudah digunakan saat ini di beberapa smartphone. Dilengkapi dengan OIS, motor piezoelektrik dengan lancar dan akurat menggerakkan unit 3-lensa maju-mundur untuk mencapai panjang fokus yang diinginkan.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

Mekanisme fokus secara otomatis bergerak bersama dengan lensa. Namun, saat ini kamera periskop yang ada di ponsel pintar masih memiliki focal length yang terkunci, dan membutuhkan interpolasi digital untuk perpindahan dari sensor telephoto ke sensor wide standar.

Kamera Periskop O-Film Huawei

Oleh karenanya, kamera periskop yang ada menggunakan interpolasi digital ketika pengguna mengubah konfigurasi perbesaran dari lensa wide ke telephoto.

Digital Chat Station berspekulasi kalau modul kamera periskop O-Film ini akan digunakan pertama kali pada perangkat Huawei Mate 40 atau Huawei P50 series di tahun depan.

{Baca juga: Huawei MediaPad 8 C3: Spesifikasi Menengah, Harga Terjangkau}

Apalagi, Huawei saat ini memiliki masa yang sulit, karena harus hadir tanpa layanan GMS dari Google sejak embargo dari AS pertengahan tahun lalu.

Huawei tentunya harus memiliki inovasi lain yang bisa menggoda para konsumen untuk menjual produknya tersebut. Saat ini, Huawei memiliki 40% pasar di China, yang masih dapat membuatnya bertahan. [IR/HBS]

SourceGizChina

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -