LinkAja Ikut Ramaikan Pekan QRIS Nasional 2020

Telset.id, Jakarta  – LinkAja berpartisipasi pada acara Pekan QRIS Nasional 2020 yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI), sebagai bentuk dukungan pemerataan inklusi keuangan di Indonesia.

Dalam ajang ini, BI bekerja sama dengan PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PTEN), ASPI, dan seluruh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang terdaftar.

{Baca juga: Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan Kini Bisa Lewat LinkAja}

Pekan QRIS Nasional 2020 dengan tagline “Ayo Pake QRIS!” ini dilatar belakangi oleh banyaknya merchant yang belum menggunakan QR Code sebagai kanal pembayaran, ataupun penggunaan QR Code yang belum menggunakan standar QRIS.

Ke depannya setelah Pekan QRIS Nasional 2020 ini diadakan, diharapkan terjadi peningkatan jumlah pengguna QRIS baik dari sisi merchant maupun pengguna.

LinkAja bersama industri ikut berpartisipasi aktif dalam pengembangan standarisasi QRIS. Telah mengadopsi standar spesifikasi teknis QRIS sejak awal beroperasi, interoperabilitas semakin terbuka dan mudah untuk digunakan.

Sebagai informasi, setelah resmi diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu oleh Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), sistem pembayaran berbasis QR Code Indonesia Standard (QRIS) terus diperkenalkan di seluruh merchant yang ada di seluruh Indonesia.

Dengan adanya satu QRIS, seluruh merchant LinkAja dapat menerima pembayaran dari beragam penerbit sistem pembayaran lainnya. Hingga saat ini, LinkAja telah memenuhi standar QRIS PTEN yang dapat digunakan di ratusan ribu merchant yang telah bekerja sama di seluruh Indonesia.

{Baca juga: Asyik! Isi Saldo E-money Bisa Lewat LinkAja}

“Kami sangat antusias dengan diadakannya Pekan QRIS Nasional 2020. Sebagai uang elektronik nasional dari dan untuk Indonesia, QRIS telah menjadi bagian dari rencana cetak biru LinkAja sejak awal terbentuk,” kata Haryati Lawidjaja, POH Direktur Utama LinkAja.

Haryati mengungkapkan, bahwa sejak beroperasi pada bulan Februari 2019, LinkAja telah menerapkan standar spesifikasi teknis QRIS, sehingga sudah dapat dibaca dan menerima transaksi dari issuer lain.

“Kami tentunya berkomitmen untuk terus berkolaborasi dan saling melengkapi, merangkul sesama pemain keuangan digital untuk bersama-sama mensukseskan keuangan inklusif secara menyeluruh,” jelasnya.

Pada Kegiatan Pekan QRIS Nasional 2020 ini, partisipasi LinkAja akan dilakukan di 32  wilayah KPwDN seluruh Indonesia. Mereka memberikan sosialisasi maupun edukasi kepada para pemilik merchant yang ingin mendaftarkan merchant-nya untuk menggunakan QRIS.

{Baca juga: Bayar Pengiriman Paket JNE Kini Bisa Lewat LinkAja}

Hingga saat ini, LinkAja telah memiliki satu juta titik cash in dan cash out di seluruh Indonesia, dan dapat digunakan di 350 pasar tradisional, berbagai macam institusi pendidikan, tiket transportasi umum, pembayaran bahan bakar umum di Pertamina, pusat kuliner dan perbelanjaan, pembelian pulsa, listrik, BPJS, dan berbagai kebutuhan esensial lainnya. [HR/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI