Bank Mandiri Pakai Teknologi Cloud dan AI Microsoft

Cloud dan AI Microsoft

Telset.id, Jakarta  – Bank Mandiri dan Microsoft mengumumkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dalam acara DevCon Digital Economy Summit, Kamis (27/2/2020). Dalam kolaborasi ini, Bank Mandiri akan menggunakan teknologi cloud dan AI Microsoft.

Penandatanganan MoU oleh Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee dan Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar itu disaksikan oleh CEO Microsoft Satya Nadella.

{Baca juga: Kolaborasi Telkomsel dan Microsoft Hadirkan Teknologi di Daerah Terpencil}

Kolaborasi ini akan memungkinkan Bank Mandiri menggunakan teknologi cloud dan AI Microsoft untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat meningkatkan daya saing di dunia digital.

Artinya, kolaborasi ini diklaim bisa meningkatkan kepuasan pelanggan, manajemen risiko, kolaborasi karyawan dan proses bisnis.

“Bank Mandiri melihat kolaborasi ini sebagai inisiatif strategis untuk menjawab kebutuhan pelanggan kami yang semakin kompleks serta memanfaatkan pertumbuhan cepat dari layanan keuangan berbasis digital di Indonesia,” kata Presiden Direktur Bank Mandiri Royke Tumilaar.

Adopsi solusi artificial intelligence (AI – kecerdasan buatan) dan intelligent cloud diharapkan dapat mengubah operasional Bank Mandiri menjadi lebih efisien dan efektif.

Royke menyebutkan, infrastruktur skala cloud, kecerdasan buatan, dan machine learning (pembelajaran mesin) dari Microsoft akan menganalisis jutaan pembukuan dan titik data untuk memberikan grafik pengkajian informasi terkait untuk keputusan yang lebih baik.

“Ini juga termasuk evaluasi risiko kredit yang akan mempersingkat proses pemrosesan data, persiapan, dan tata kelola,” paparnya

Menurut studi IDC dan Microsoft pada tahun 2019, perusahaan-perusahaan Indonesia yang menggunakan kecerdasan buatan diharapkan dapat meningkatkan laju inovasi mereka (1,7 kali) dan produktivitas karyawan (1,9 kali) dalam tiga tahun.

Lima pendorong bisnis adopsi kecerdasan buatan di Indonesia (dalam urutan prioritas), yakni Keterlibatan pelanggan yang lebih baik (40% responden menyebutnya sebagai faktor nomor satu), Daya saing lebih tinggi (17%), Marjin yang lebih tinggi (14%), Peningkatan inovasi (11%), Karyawan yang produktif (6%).

{Baca juga: Microsoft Perkenalkan Layanan Cloud Terbaru yang Lebih Aman}

“Microsoft sangat senang bisa membantu Bank Mandiri mempercepat perjalanan transformasi digitalnya melalui solusi kecerdasan buatan dan intelligent cloud,” kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee, dalam keterangan pers, Senin (9/3/2020).

“Industri seperti institusi keuangan perlu terus memahami teknologi terbaru untuk dapat berhasil dalam lanskap digital ini, dan kami berharap dapat membantu transformasi di setiap lini bisnis Bank Mandiri,” sambungnya. [HR/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here