LG G3

lg-g3-harga-spesifikasi-smartphone-android-gahar-terbaru2

Dengan LG G3, kita melihat salah satu smartphone yang keluar di 2014 dengan fasilitas mentereng. Mulai dari desain, dapur pacu bahkan kamera yang ditawarkan. Dengan begitu beberapa brand seperti Sony, Samsung, iPad, sepertinya patut waspada dengan Smartphone dengan harga Rp 6.990.00 ini.

Desain

LG G3 salah satu smartphone dengan ukuran yang cukup besar, tetapi ketika kami gunakan, kami merasa smartphone ini tidak besar bahkan boleh dikatakan sangat ringan, hanya 149 gram. Jika dibandingkan, bobot tersebut hanya 4 gram lebih berat dari Galaxy S5, tetapi 10 gram lebih ringan dari HTC One M8 atau Sony Xperia Z2. Memang tidak terlalu mengesankan, sampai Anda mempertimbangkan bahwa LG G3 di sokong dengan luas layar 5,5 inci. Lebih luas dibandingkan ketiga kompetitornya. Pasalnya dengan dimensi 146,3 x 74,6 x 8,9 mm, LG G3 memiliki memiliki desain bazel yang ramping dan desain tepi yang meruncing, itu sangat membantu LG G3 “terasa” langsing ketika kami pegang.

Untuk material bodi yang digunakan, ketika melihatnya kami pikir menggunakan bahan metal seperti HTC One M8. Akan tetapi LG G3 masih menggunakan bahan plastik dengan tampilan seperti logam yang disikat dengan beberapa warna yang ditawarkan seperti hitam, perak dan emas.

Untuk komposisi tombol sepertinya tidak jauh berbeda dengan LG G2. Tombol power dan volume semuanya dapat ditemukan di bagian belakang. Secara pemanfaatan pengoperasian sangat memberikan  kemudahan untuk mengatur volume atau pengambilan foto. Yang berbeda dari LG G2 adalah tombol power sudah berbentuk bulat dan tombol volume bergerigi, sehingga jauh mudah membedakan dibanding ketika dulu menggunakan LG G2. So! Ini suatu perbaikan yang menurut kami menguntungkan pengguna.

Sedangkan untuk posisi bodi belakang juga terdapat kamera 13MP dengan Lampu Flash LED dan sesuatu yang baru dan digunakan pada kamera profesional adalah autofokus laser. Sedangkan untuk SIM card dan Slot memori eksternal diletakan di belakang, untuk memasangnya Anda harus melepas baterainya lebih dulu.

Display

Smartphone ini mengusung layar berukuran 5.5 inci sehingga patut pula disebut phablet. Layar ponsel ini menggunakan jenis layar True HD IPS LCD capacitive touchscreen dengan resolusi 1440 x 2560 pixels (Quad HD) yang akan menyuguhkan ketajaman warna dan kecerahan layar dengan kepadatan pixel mencapai 534 ppi. Berbeda jauh sama apa yang digunakan Galaxy S5 yang hanya menggunakan resolusi 1080 x 1920 pixels saja. Untuk itu satu kata untuk mengagumi layar LG G3, “Brillian” , tidak ada keluhan, browsing, melihat foto, menonton video full HD semuanya Awesome.

Didukung pula dengan fitur multitouch untuk mengakses layar dengan lebih dari satu sensor sentuhan. Pelapis layar Corning Gorilla Glass 3 tidak lupa disematkan untuk melindungi layar dari goresan.

“Resolusi Ultra Pixels menyuguhkan ketajaman warna dan kecerahan layar dengan kepadatan warna”

 

Interface

Masih ingat Interface yang dibenamkan LG G2 yang penuh kritik karena terlihat berantakan. Berbeda dengan LG G3 yang menggunakan OS Android KitKat 4.4.2 dengan kostumisasi LG G3 UI. Interface baru pada LG G3 merupakan perbaikan besar. Kali ini terlihat lebih muda dengan skema warna yang lebih cerah tetapi tetap kalem. Tampilan depan terdapat pengaturan cuaca  dan waktu dengan tampilan kotak-kotak. Setiap aplikasi inti seperti kotak berbeda dengan warna tersendiri yang membantu Anda membedakan. Tepat di bawah kotak cuaca juga ada fasilitas “Smart Notice”, dimana LG G3 akan mengingatkan Anda beberapa hal untuk dilakukan, seperti Anda lupa menelepon seseorang yang sebelumnya telepon tetapi tidak diangkat sama Anda maka LG G3 akan mengingatkannya.

Kalau Anda mau menggunakan akses cepat dengan menggeser layar ke bawah, maka akan menemukan beberapa toggle yang lebih lengkap. Tidak hanya untuk mengatur data, wifi, dan rotation. Tetapi di bawah itu Anda akan menemukan Qslide, Quick Remote serta Quick memo  dengan mudah. Mau mengatur terangnya layar atau volume juga bisa dilakukan. LG G3 telah melakukan perubahan yang cukup memudahkan kami ketika menggunakan. So Cool!

Ada beberapa macam efek menarik yang bisa dipilih saat melakukan swipe di lockscreen. Ada light particle, vector circle, mosaic dan soda. Anda bisa menambahkan akses pintas ataupun widget di layar lockscreen.

Yang menarik lagi ketika LG G3 menggunakan cover bawaan, cover yang memiliki lingkaran transparan bisa dimanfaatkan juga untuk pengoperasian. Kalau dulu pada era LG G3 di gunakan hanya sebatas petunjuk waktu tetapi saat ini dengan adanya Quick Circle, LG G3 menempatkan 6 menu utama yang bisa digunakan untuk meliat SMS, Musik, Telepon,dll.

Knock On dan Knock Code

Knock On merupakan cara cepat menghidupkan layar, caranya Anda bisa mengetuk layar dua kali untuk menyalakan layar dari kondisi standby.

Selain itu, Anda bisa mengaktifkan fitur Knock Code. Fitur ini memberi perlindungan smartphone dari kemungkinan akses tak diinginkan dari pihak lain dengan memanfaatkan kombinasi ketukan jari pada layar. Dalam Knock Code, layar smartphone terbagi menjadi empat kuadran yang tak terlihat. Akses keamanan dibuat pengguna dengan mengkreasi kombinasi antara dua hingga delapan kali ketukan pada kuadran tersebut dalam urutan tertentu.

Screenshot_2014-07-04-15-23-07

“Knock Code memberikan perlindungan lebih pada smartphone dengan hanya ketukan sederhana”

Hardware

Di sektor performa LG G3 ini tidak diragukan lagi kinerjanya. Menggunakan processore Quad-core Krait 400 dikombinasikan dengan RAM 2 GB (bukan varian RAM 3 GB) tentunya akan menghasilkan performa yang cepat dan resposif dalam laju maksimal 2.26 GHz. Chipset yang disematkan yakni Qualcomm MSM8975C Snapdragon 801. Jika anda penggemar game disematkan pula pengolah grafis dari Adreno 330 yang akan memanjakan mata anda dengan grafis tajam di layar ketika anda memainkan game. Sistem operasi yang diusung LG G3 ini sudah menggunakan OS terbaru yakni Android OS v4.4.2 KitKat.

Pada uji AnTuTu Benchmark pertama LG G3 mencetak 31.779, masih di bawah HTC One M8, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Note 3, Xiaomi MI3 dan LG G2. Kami penasaran dengan hasil didapat lalu kami coba test kembali menggunakan bechmark yang sama hasilnya bahkan lebih buruk kedua kalinya dengan skor 28.391.

Screenshot_2014-07-04-09-27-07

Kami juga coba gunakan LG G3 dengan beberapa aplikasi yang membutuhkan grafis dan memori besar seperti Blood Zombies HD dan GT real Racing 2. Ketika meminkan memang tidak ada kendala sedikitpun, dari mulai grafis yang luar biasa hingga performa tidak ada leg sama sekali. Tetapi berbeda ketika kami gunakan membuka beberapa aplikasi. Kami merasakan performa berkurang menjadi lambat, ini mungkin dampak dari memori yaang sudah terisi beberapa aplikasi berat.

Screenshot_2014-07-04-08-56-38

 

Connectivity

Jaringan yang berjalan pada ponsel ini adalah jaringan GSM dan 3G HSDPA. Selain itu didukung pula dengan adanya jaringan 4G LTE yang dapat mengantarkan anda pada koneksi internet yang cepat. Jika anda ingin berselancar di dunia maya dapat menggunakan WiFi dan jaringan internet HSDPA. GPRS dan EDGE pun tidak ketinggalan apabila Anda berada di tempat yang tidak terjangkau jaringan 3G dan 4G. Di sisi konektivitas data disediakan fitur Bluetooth, port USB dan NFC untuk pemindahan file atau data Anda ke ponsel teman ataupun PC.

LG G3 juga dilengkapi dengan blaster Infrared dan salah satu aplikasi jarak jauh Infra REd (IR). Fasilitas ini lebih bermanfaat kami alami ketika di rumah. Dengan meggunakan fasilitas Quick Remote kami dengan mudah memanfaatkannya untuk TV, Home Theather. Yang sedikit kalah dengan Samsung Galaxy S5 dengan microUSB 3.0 port LG G3 memiliki microUSB lebih standar 2.0. Ini berarti Anda tidak akan mendapatkan kecepatan transfer data yang cepat pada LG G3.

Camera dan Video

LG G3 menggunakan kamera dengan besar sensor 13MP dengan bukaan f/2.4, namun beberapa fitur diperbaiki, misalnya Dual LED flash, serta OIS+ yang diklaim 20 persen lebih stabil dibanding OIS pada LG G2. Lenkap dengan fitur baru yakni autofokus laser. Fungsi sangat berguna, karena ketika Anda membidik maka dengan cepat mengunci subjek ketika mengambil foto. Fasilitas ini juga membantu Anda mengambil gambar dengan cahaya rendah, meskipun jika subjek bergerak, shutter kemungkinanan akan terlalu lambat untuk itu dan fasilitas ini memungkinkan hasil tanpa blur. Tetapi ketika kami coba mengambil gambar bergerak malam hari, subjek kendaraan masih tetap blur tetapi latar belakang tetap fokus(lihat hasil foto).

Untuk fasilitas lainnya LG G3 kami nilai memiliki sedikit tambahan fasilitas. Kami coba bedah Cuma ada mode Auto, Magic Focus, panorama, dan Dual. Lalu  Ada juga fitur HDR, yang berguna untuk memotret obyek yang membelakangi sumber cahaya, agar lebih terlihat. Selain itu, fitur-fitur bantuannya antara lain pengaturan resolusi (foto dan video), Cheese Shutter (memotret menggunakan perintah suara seperti cheese, smile, whiskey, kimchi, LG), timer serta garis-garis bantuan untuk memudahkan Anda mengatur komposisi.

Kamera juga dapat menangkap 120fps video dengan slow motion hingga lima menit dari rekaman 4K. Untuk kamera depan memiliki resolusi 2.1-megapixel yang dapat digunakan untuk Selfie. Asiknya pengaturan selfie bisa menggunakan perintah suara juga menggunakan gesture tangan untuk memulai hitungan mundur. Caranya cukup mudah lambaikan tangan Anda ke kamera sampai ada tanda fokus yang mengharuskan tangan mengepal yang menadakan waktu hitungan mundur dimulai. So Amazing!!

 

“Dengan tembakan laser ke obyek, kecepatan autofokus diklaim lebih cepat daripada autofokus Standart”

Music

Pemutar musik pada LG G3 sederhana dan canggih pada waktu yang sama. LG G3 memiliki audio berkualitas disebabkan memiliki built in amplifier untuk membuat musik terdengar lebih keras dan lebih jelas dengan sedikit distorsi.

Untuk memutar file musik berformat FLAC dn berkapasitas 50MB maka pada pemutar musik akan tertera icon kecil ‘Hi-Fi’ dan dipastikan kualitas suara yang keluar sangat baik, akan tetapi jika Anda memutar file seperti MP3 maka akan terdengar agak bagus. Tetapi jika menggunakan headphone seperti kami dengar dengan bermerek beat maka Anda punya sound system brilian untuk didengarkan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI