Lembaga Riset Bawa Durian ke Orbit, untuk Apa?

Telset.id, Jakarta Lembaga riset luar angkasa Thailand mengumumkan rencana untuk mengirim durian ke luar angkasa pada Juli 2018 mendatang. Hal itu sebagai bagian dari proyek untuk memproduksi makanan Thailand yang cocok bagi perjalanan luar angkasa pada masa depan.

Durian yang dipanggang nantinya tetap berada di ruang angkasa selama lima menit sebelum kembali ke Bumi. Kemudian, para ilmuwan dari lembaga riset luar angkasa Thailand bakal melihat, apakah buah durian mengalami perubahan tekstur atau tidak.

Menurut laporanBBC, durian akan dibawa ke luar angkasa menggunakan roket. Selama ini, Thailand memang belum termasuk negara yang melakukan perjalanan ke ruang angkasa. Namun, mereka memastikan katering yang pas bakal tersedia untuk perjalanan pada masa depan.

“Tujuan utama kami adalah untuk menghadirkan makanan Thailand yang cocok dibawa ke ruang angkasa guna dikonsumsi oleh astronot,” kata jurubicara Geo-Informatics and Space Technology Development Agency.

“Sebagai permulaan, kami memilih durian yang merupakan raja buah di Thailand. Kami ingin mengirimnya ke atmosfir bersamaan dengan astronot yang tinggal di sana. Mereka akan menganalisa tekstur durian untuk dicocokkan dengan kondisi di orbit,” tambahnya.

Baca juga: Patung Wajah Prajurit Ini Ungkap Kehidupan di Mars?

Ia melanjutkan, jika proyek itu berhasil, astronot bisa membawa makanan lain asli Thailand semisal pad Thai atau ketan mangga ke luar angkasa. Dengan begitu, makanan khas Thailand bisa menjadi santapan pilihan bagi astronot ketika berada di orbit. [BA/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0