Kualitas Udara Indonesia Membaik Imbas Virus Corona

Kualitas udara Indonesia

Telset.id, Jakarta – Ada hal baik di balik sebuah musibah. Mungkin itu ungkapan cocok yang menggambarkan kualitas udara Indonesia di tengah-tengah wabah virus corona atau Covid-19.

Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), kualitas udara Indonesia saat ini menjadi lebih bersih.

Mengutip akun Twitter LAPAN pada Selasa (31/03/2020), lembaga tersebut mengunggah foto yang memperlihatkan kualitas udara di Indonesia. LAPAN menyatakan, per bulan Maret, kualitas udara Tanah Air jauh lebih bersih.

“Perubahan kualitas udara (partikulat PM10) di wilayah Indonesia Barat saat ini dibanding tepat 1 tahun yang lalu, nampak pada saat wabah virus corona (Covid-19) pada bulan Maret 2020 ini, kualitas udara jauh lebih bersih dibanding bulan yang sama tahun 2019 & tahun-tahun sebelumnya,” cuit LAPAN.

{Baca juga: Polusi Udara Italia Membaik Selama Lockdown Virus Corona}

 

LAPAN menambahkan, meningkatnya kualitas udara di Indonesia mirip dengan China, Italia dan negara-negara lain yang saat ini sedang berjuang melawan penyebaran Covid-19.

Semua foto ini disajikan oleh Prof. Dony Kushardono yang merupakan peneliti dari Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN.

“Perubahan kualitas udara ini mirip dengan yang terjadi di China dan Eropa disaat wabah virus saat ini (sumber data : Copernicus),” cuit LAPAN.

Postingan LAPAN mendatang banyak komentar dari warganet. Misalnya akun @FITRI33002730 yang mengatakan bahwa kualitas udara menjadi lebih bersih karena manusia saat ini mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Karena manusianya #dirumahaja,” cuitnya. 

Komentar juga dilontarkan oleh akun @AnandaRI8. Ia menilai, wabah virus corona di Indonesia menjadi kesempatan Bumi untuk menyembuhkan diri dari polusi yang sering diproduksi oleh manusia.

“Bumi menyembuhkan diri,” cuit Ananda.

{Baca juga: Virus Corona Merebak, Polusi Udara di China Turun Drastis}

Perlu diketahui, sejak Senin (02/03/2020), Indonesia sedang berjuang untuk melawan penyebaran virus corona. Hingga Senin (30/03/2020), sudah ada 1414 orang yang terinfeksi virus tersebut. (NM/MF)

SOURCELAPAN
Previous articleInsinyur Mercedes F1 Bikin Alat Pernapasan Pasien Covid-19
Next articleDiam-diam Samsung Galaxy M11 Diluncurkan, Ini Spesifikasinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here