Kualitas Jaringan Operator Kunci Loyalitas Pelanggan

Pengguna Internet di desa
Pengguna Internet di desa

Jakarta – Peningakatan penggunaan smartphone berdampak pada peningkatan pengguaan akses internet di dalam dan di luar ruangan. Melihat hal ini, Ericsson melaporkan hasil risetnya yang menemukan kinerja operator dalam menjaga kesetiaan pelanggan, khususnya pengguna smartphone.

Layanan data kini telah menjadi bagian dari kehidupan, sama seperti SMS dan layanan suara. Perubahan ini akhirnya mengubah perilaku pelanggan yang berdampak pada konsumsi mobile network.

Para operator pun terus berusaha menyediakan layanan terbaiknya demi memberikan kenyamanan. Sayangnya, hampir 80 persen dari pengguna smartphone di seluruh dunia mengalami masalah koneksi internet yang cukup sering.

Menurut hasil riset yang dilakukan Ericsson, gangguan koneksi Internet terjadi setidaknya sekali dalam seminggu, dan 50 persen lainnya mengalami masalah setiap hari. Hal ini sangat berpengaruh pada loyalitas pelanggan.

“Ketika standard persyaratan layanan, seperti waktu tunggu yang tidak masuk akal dan coverage yang cukup tidak terpenuhi, maka loyalitas pelanggan akan terancam,” jelas Afrizal Abdul Rahim, Regional Head of Ericsson ConsumerLab Asia Tenggara dan Oceania, di Jakarta, Rabu (4/9).

Kondisi ini memperlihatkan bahwa pelanggan banyak bergantung pada layanan data yang diberikan operator. “Sekitar 66 persen pelanggan di Indonesia merasa penting untuk terus dapat terjangkau jaringan operator,” sebutnya.

Permasalahan koneksi yang ditemukan Ericsson akhirnya melahirkan rumusan bahwa promosi saja tidak cukup memuaskan pelanggan. “Para operator juga harus memperbaiki jaringan yang dimiliki,” tutup Afrizal.[LKH/HBS]

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0