Foxconn jadi “Korban” Konflik China dan India

Konflik China India

Telset.id, Jakarta  – Konflik antara India dan China membuat perusahaan terkenal seperti Foxconn selaku pemasok Apple dan merek asing lain mengalami masalah operasional. Semua gara-gara India menahan impor China.

Menurut petugas Bea Cukai, pengiriman impor dari China masih ditahan di pelabuhan India. Pengiriman tersebut membutuhkan izin tambahan, yang merupakan indikasi ada peningkatan ketegangan antara India dan China.

Sekadar informasi, di perbatasan Indo-China telah terjadi serangkaian bentrokan antara militer India dan China sampai muncul korban jiwa. Dikutip Telset.id dari Gizmochina, Selasa (07/07/2020), hal itu memunculkan sentimen anti-China.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Meskipun ada peningkatan inspeksi untuk pengiriman impor, Dell berhasil melakukan pengiriman pada minggu lalu. Namun, 130 pengiriman masih macet di pelabuhan India, termasuk beberapa bagian server dan komputer desktop.

Namun, langkah-langkah tersebut hanya diterapkan sementara oleh pemerintah India. “Kami tidak dapat terus memeriksa 100 persen pengiriman. Pengiriman perusahaan non-China yang terdampak akan diprioritaskan,” kata pejabat India.

{Baca juga: TikTok Diblokir, Aplikasi Video Buatan Lokal Langsung Populer}

Tak hanya perangkat elektronik, produk mobil juga menghadapi gangguan dalam operasi karena pengiriman tertunda. Sebagai misal MG Motor, yang pengiriman unit kendaraannya tertahan sementara di pelabuhan India Selatan.

Menteri Keuangan India belum menanggapi situasi ini kendati dua pejabat di kementerian yang mengawasi departemen Bea Cukai menanggapi dengan menyatakan bahwa langkah-langkah inspeksi bersifat sementara segera mereda.

Konflik antara China dengan India juga berimbas pada aplikasi buatan developer asal Negeri Tirai Bambu. Setidaknya, 59 aplikasi milik China, termasuk TikTok dan WeChat buatan Tencent, diblokir dalam kampanye “serangan digital”, menyusul konfrontasi antara India dan China di situs perbatasan Himalaya. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here