Kominfo: Lion Air Wajib Investigasi Kebocoran Data Penumpang

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pertemuan dengan perwakilan Lion Air Group. Hasilnya Kominfo meminta Lion Air melakukan investigasi terkait kasus kebocoran data penumpang Malindo Air dan Thai Lion Air.

Pertemuan tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan bersama dengan Managing Director Lion Air Group, Daniel Putut Kuncoro Adi.

Lion Air membenarkan adanya kejadian kebocoran data penumpang dari dua maskapai mereka yang beroperasi dari Malaysia. Saat ini, Lion Air telah melaporkan kasus ini ke otoritas di Malaysia, dan tengah melakukan penyidikan.

“Kami sudah bertemu dan berkoordinasi untuk mendapatkan klarifikasi dari Lion Grup,” kata Dirjen Semuel usai pertemuan di Jakarta, Kamis (19/09/2019).

{Baca juga: Duh! Puluhan Juta Data Penumpang Lion Air Bocor di Internet}

Semuel belum mengetahui secara pasti sebera besar dampak dari jumlah kebocoran data penumpang tersebut. Meski demikian, ia memastikan kalau data penumpang saat ini sudah diamankan.

“Berapa jumlahnya kita belum tahu, lagi di investigasi. Tapi saat ini posisi daripada data-data konsumer dari lion sudah diamankan. Hal ini juga sudah dilaporkan kepada otoritas di Malaysia untuk dilakukan investigasi, karena lokus kejadiannya disana. jadi kita harus menunggu dari hasil investigasi,” tutur Semuel.

Daniel mengatakan, pihaknya juga telah menjadi korban atas kebocoran data pribadi penumpang dan langsung mengamankan seluruh data.  “kami langsung menindaklanjuti dengan semua administrator kami. Kami juga langsung mengamankan pada hari itu juga seluruh data,” katanya.

Saat ini, langkah yang diambil oleh maskapai tersebut adalah mengambil jalur hukum untuk menuntut pelaku pencurian dan pembocoran data penumpang. “kami melakukan legal action kepada pihak berwenang di Malaysia dan sedang dalam proses investigasi,” tambahnya. (NM/FHP)

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -