Kominfo Jamin Jaringan Stabil Saat Natal dan Tahun Baru

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan bahwa jaringan telekomunikasi akan tetap stabil pada saat Natal dan Tahun Baru 2020. Hal ini berdasarkan laporan mengenai kesiapan infrastruktur jaringan dari 7 perusahaan telekomunikasi di Indonesia.

Dalam rangka mengantisipasi peningkatan dan pergerakan trafik saat Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Perayaan Tahun Baru 2020, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI Kominfo) telah melakukan koordinasi dengan operator seluler terkait kesiapan jaringan pada Natal dan Tahun Baru.

“Telah melakukan koordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di lokasi yang menjadi titik keramaian saat perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020,” tulis Plt. Kabiro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu pada Senin (16/12/2019).

{Baca juga: Jelang Libur Natal, Telkomsel Antisipasi 533 Titik ‘Padat Trafik’}

Dilansir Telset.id dari laman resmi Kominfo pada Selasa (17/12/2019) Ditjen PPI Kominfo juga melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di beberapa lokasi, di antaranya di Kawasan Monas yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Taman Mini Indonesia Indah, dan kota-kota lainnya.

“Hasil pengukuran kualitas layanan ini kemudian disampaikan kepada operator untuk dilakukan optimasi jaringan sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas,” tulisnya.

Kominfo mengaku akan terus melakukan pemantauan terhadap performansi jaringan operator seluler dalam menghadapi Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk PT Telkom dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa.

{Baca juga: Kominfo Harap Operator Telko “Jualan” Solusi IoT}

Kesiapan infrastruktur jaringan yang dilakukan oleh operator telekomunikasi adalah sebagai berikut:

Penyelenggara Telekomunikasi

Infrastruktur Eksisting, Penambahan infrastruktur dan Peningkatan Kapasitas Jaringan

Persiapan Posko, SDM dan Layanan Lainnya

 

PT. Telkomsel

 

Optimalisasi seluruh jaringan di 533 titik dengan menyediakan 82 Mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, di mana 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

 

 

a)    Menyiagakan 324 Mobile GRAPARI (MoGI) dan 3.716 outletsisaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

b)    Kemudahan pelanggan dapat dijangkau melalui layanan pesan instan, layanan self service GraPARI virtual yang siap berinteraksi secara langsung untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar produk dan layanan Telkomsel selama 7×24 jam yang dapat diakses melalui aplikasi My Telkomsel, LINE, Telegram, dan Facebook Messeger Telkomsel.

c)     Menghadirkan Roadshow Natal dan tahun baru (Naru) yang akan memberikan bantuan kepada 2.500 masyarakat yang membutuhkan, 2.500 anak panti asuhan dan 40 tempat ibadah atau Yayasan sosial di empat kota di seluruh Indonesia (Pekanbaru, Bogor, Malang, dan Pontianak).

d)    Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi 2019 dengan menyediakan berbagai hadiah.

PT XL Axiata Tbk

 

a)      Pengerahan 30 Mobile BTS.

b)      Melakukan pengecekan jaringan/pengukuran QoS di :

  • 300 titik pusat keramaian/POI (airport, tempat wisata, bis, stasiun, pelabuhan, mall tempat-tempat ibadah, pusat perayaan tahun baru)
  • 3 jalur kereta (Jakarta-Surabaya jalur utara, Sby-Jakarta jalur selatan, Medan Kualanamu Airport-Medan)
  • 7 jalur tol (jak-Bogor, Jak-Sby, Sby-Malang, Jak-Merak, Bakauheni-Palembang, Medan-KNIA dan Medan-Tebing)

c)      Patroli dan pengecekan jalur-jalur fiber utama bersama dengan semua partner untuk memastikan jalur telekomunikasi berlangsung lancar.

Monitoring 24/7 di NOC dengan standby engineer di region pada tempat-tempat penting dan jalur mudik.

 

PT. Indosat, Tbk

 

  1. Penambahan 4 mobile BTS di beberapa lokasi tempat wisata.
  2.  Penambahan lebih dari 12 ribu BTS 4G secara masif di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2019.
  3.  Peningkatan kapasitas untuk layanan data, voice, dan SMS.
  4.  Melakukan Pengukuran QoS dan memastikan QoS dalam kondisi baik terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal, stasiun, dan tempat wisata.
Melakukan network monitoring secara intensif melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC).

 

 

PT Hutchison 3 Indonesia

 

a)      Menambah kapasitas di 3490 BTS yang terdiri dari:

  • 3410 unit BTS 4G LTE dan
  • 80 unit BTS 3G

b)      Ekspansi kapasitas di 3660 BTS 4G di kanal baru spektrum 2100 MHz.

c)      160 titik penting dan pusat keramaian terlayani dan dioptimalkan. 15 mobile BTS ditambahkan untuk mendukung di jalan utama dan beberapa pusat keramaian di Jawa seperti di bandara, stasiun kereta dan bus, pelabuhan laut dan kunjungan wisata.

 

a)      3Store beroperasi normal selama libur Natal dan Tahun Baru.

b)      3Care dapat diakses melalui:

Aplikasi 3Chat melalui aplikasi bima+

  • WA: 08999800123
  • BBM Pin: 24F1E25C
  • Email: 3care@three.co.id
  • Telp: 123 (dari nomor Tri) atau 08964400123
PT. Smartfren Telecom

 

Alokasi 29 Mobile BTS: 22 terpasang, 7 standby di lokasi/area regional. a)      Intensive Care & Monitoring seluruh element systems    pada H-14 dan H+14 melalui NOC (Network Operations Centre) di Jakarta dan Surabaya.

b)      Kesiapan engineer team aktif, lengkap dengan kendaraan operasional dan Tools yang memadai pada H-7 s/d H+7 dan selalu siap ditugaskan untuk menanggulangi gangguan kapan saja.

PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia

 

a)      Persiapan cadangan bbm untuk genset backupdi site.

b)      Mobile BTS yang dikerahkan: –

 

a)      Pengaturan jadwal shift petugas NoC pusat.

b)      Koordinasi dengan building management untuk catu daya terutama kesiapan genset backup dan bbm nya.

c)      Koordinasi dan pengaturan dengan field engineering area team.

d)      Koordinasi dengan penyelenggara jaringan backhaul untuk jaminan ketersediaan jaringannya.

PT. Telkom Indonesia a)      Layanan Prima: Top perform quality of serviceyaitu menyediakan layanan terbaik di Area PREMIUM (Public, Religious, Malls, Indoor, Uniqueness and Massive crowds).

b)      Penyiapan Infrastruktur TelkomGroup menjelang SIAGA NARU 2019-2020.

  • Pelatihan Network & Service.
  • Mitigasi Celah Keamanan Network dan IT.

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI