Home NEWS Kominfo Buka Kembali Akses Internet di Wamena

Kominfo Buka Kembali Akses Internet di Wamena

Telset.id, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka akses internet di Wamena, Papua mulai Sabtu (28/09/2019). Hal ini dilakukan setelah melihat keamanan di daerah tersebut yang semakin kondusif.

“Pemerintah membuka kembali akses internet di Kabupaten Wamena, Provinsi Papua pada Sabtu (28/9/0) mulai pukul 09.00 WIT,” kata Plt. Kabiro Humas Ferdinandus Setu lewat keterangan tertulis pada Sabtu (28/09/2019).

{Baca juga: Kominfo Batasi Akses Internet di Wamena}

Pria yang akrab disapa Nando ini menyatakan bahwa pembukaan kembali layanan data internet dilakukan setelah mempertimbangkan situasi dan kondisi keamanan di wilayah Kabupaten Wamena telah pulih dan normal.

“Ini berdasarkan koordinasi dengan instansi penegak hukum dan aparat keamanan,” ujar Nando.

Pembukaan kembali layanan data internet juga dilakukan di 15% titik di Kota Jayapura. Artinya seluruh layanan telekomunikasi dan internet di 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua dan 13 kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat telah berfungsi normal seperti semula.

Nando juga mengimbau semua masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi hoaks, kabar bohong, ujaran kebencian berbasis SARA, hasutan dan provokasi melalui media apapun termasuk media sosial, agar situasi dan kondisi keamanan disana tetap terjaga.

Sebelumnya Kominfo melakukan pembatasan akses internet di Wamena Papua sejak Senin (26/09/2019). Pembatasan tersebut terkait kerusuhan yang terjadi di kota tersebut.

Pembatasan dilakukan mulai Senin (26/09/2019) pukul 12.30 WIT. Menurut Plt Kabiro Humas Kominfo hal ini dilakukan demi proses pemulihan keamanan.

{Baca juga: Internet di Wamena “Dicekik”, Pengamat: Harusnya Kominfo Lebih Cerdas}

“Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Wamena setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, pemerintah memutuskan untuk melakukan pembatasan sementara layanan data telekomunikasi,” kata Ferdinandus. [NM/HBS]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version