Kini Sudah Ada Pelindung Spam di Google Message?

Telset.id,Jakarta – Google mulai serius dalam memerangi pesan spam yang mengganggu pengguna. Kabarnya fitur perlindungan spam telah ada di Google Message atau android messages dan mulai diluncurkan untuk beberapa pengguna.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo pada Sabtu (29/12/2018), rumor tersebut muncul dari laporan Android Police. Sayangnya fitur tersebut belum diluncurkan secara luas karena beberapa pengguna mengklaim mereka belum menerimanya.

Fitur anti spam itu tampaknya juga diaktifkan dari sisi server, sehingga Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk mendapatkannya meskipun Anda mungkin perlu memiliki versi terbaru dari Google Message.

Masih menurut Android Police, fitur ini masih memiliki beberapa masalah privasi. Ini karena menurut halaman dukungan Google, tampaknya beberapa info tentang pesan Anda akan dikirim ke Google terlebih dahulu.

{Baca juga: Atasi Panggilan Spam, Google Assistant Bisa Jawab Panggilan Telepon}

“Untuk membantu mengindentifikasi spammer, Google untuk sementara menyimpan nomor telepon orang yang mengirim dan menerima pesan dengan Anda dan waktu mereka mengirim pesan kepada Anda,” tulis Android Police.

Tetapi Google menekankan bahwa sebenarnya nomor telepon Anda atau konten pesan tidak akan disimpan. Fitur ini pun adalah fitur yang dapat dinyalakan atau dimatikan kapan saja Anda inginkan.

Jadi jika Anda lebih suka Google tidak memiliki akses ke pesan Anda, spam atau tidak ada spam, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mematikannya atau mungkin menemukan aplikasi lain.

Sebelumnya  Google tingkatkan kemampuan Google Assistant untuk atasi panggilan spam yang mengganggu pengguna Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Dengan kemampuan itu, Google Assistant jawab panggilan spam secara otomatis dengan mendeteksinya terlebih dahulu.

Dilansir Telset.id dari Ubergizmo, Senin (19/11/2018), Google Assistant bisa mencurigai dan menyaring panggilan spam, sebelum menjawab panggilan itu secara otomatis.

Asisten pribadi berbasis Artificial Intelligence itu nantinya, memungkinkan pengguna untuk memutuskan apakah ingin menjawab panggilan atau tidak.

{Baca juga: Penyebaran Spam di Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara}

Untuk mengaktifkan kemampuan tersebut, pengguna hanya perlu mengetuk tombol “Screen Call”, ketika menerima panggilan dari nomor yang tidak mereka kenali.

Lalu, Google Assistant akan menjawab panggilan itu, dan memberitahukan kepada pihak yang melakuan panggilan bahwa pengguna sedang menggunakan layanan Google Assistant. Kemudian Google Assistant akan meminta mereka untuk memberikan nama dan alasan, kenapa mereka menelpon. [NM/MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here