Netflix Hapus Metode Pembayaraan di Perangkat Apple

The Netflix application is seen on an Apple iPhone on October 1, 2018. Analysts predict new shows on the streaming service will bolster Netflixs position as leader of streaming content in 2019. (Photo by Jaap Arriens/Sipa USA)

Telset.id, Jakarta – Ada kabar yang kurang menyenangkan bagi pengguna Apple. Layanan streaming film, Netflix tidak lagi mendukung iTunes sebagai metode pembayaran untuk anggota baru.

Dilansir Telset.id dari Engadget pada Sabtu (29/12/2018), hal ini membuat pelanggan baru Netflix atau yang kembali berlangganan dengan perangkat iOS akan mendapati jika mereka tidak dapat mendaftar melalui aplikasi iOS.

Kabarnya pihak Netflix sudah melakukan uji coba perubahan tersebut sejak bulan Agustus dan meluncurkannya kepada semua orang di dunia pada November lalu.

Dari perubahan tersebut maka pengguna Apple yang ingin membayar untuk berlangganan harus melakukannya melalui situs website resmi aplikasi streaming film itu.

{Baca juga: Tahun 2018, Netflix Aplikasi Paling Laris di iOS}

Sebelumnya ada pembagian hasil antara kedua perusahaan ini terkait layanan film tersebut. Seperti dicatat oleh VentureBeat, Apple mengambil potongan 15 hingga 30 persen dari langganan dalam aplikasi dan itu telah menjadi titik tumbuhnya pertentangan antara Apple dan pihak pengembang aplikasi.

Tetapi sekarang, Netflix dapat mengantongi semua hasil keuntungan dari pelanggan iOS berjumlah cukup besar apalagi layanan ini menempati posisi teratas dalam daftar aplikasi iOS.

Sebelumnya, perusahaan analis Sensor Tower mengungkap hasil kompilasi dari 10 aplikasi terlaris teratas pada perangkat iOS untuk tahun 2018. Hasilnya, Netflix menjadi aplikasi dengan pendapatan terbesar dan paling laris di App Store sepanjang tahun 2018.

{Baca juga: Selamatkan Bioskop, Film Dilarang Tayang Perdana di Netflix}

Layanan streaming film ini berada di urutan pertama, dengan perkirakan telah menghasilkan $ 790,2 juta atau Rp 11,5 triliun.

Sedangkan aplikasi berlangganan yang masuk 10 besar lainnya adalah Hulu, Pandora, Youtube (layanan Youtube Red/ Premium) dan aplikasi Tinder yang juga menawarkan langganan bulanan untuk membuka kunci fitur kencan “premium”. [NM/MS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here