Kini AI Dapat Deteksi Penderita Alzheimer Secara Dini

Telset.id, JakartaArtificial Intelligence (AI) kini semakin ramai dipakai untuk membantu berbagai macam hal di berbagai bidang. Salah satunya adalah di bidang kesehatan, dimana AI sering digunakan sebagai salah satu cara menimbang sebuah hasil diagnosa pasien.

Bahkan baru-baru ini, AI dikabarkan dapat mendeteksi dini seseorang yang berpotensi terkena penyakit Alzheimer. Tak tanggung-tanggung, sang AI dapat mendeteksi gejalanya hingga 5 tahun sebelum penyakit tersebut muncul.

Mengutip dari laman Weforum, hal ini dimungkinkan berkat penggunaan machine learning yang menggunakan algoritma tertentu yang mempelajari dan mengolah sejumlah data khusus yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Untuk cara kerjanya, peneliti menerapkan algoritma multi-layer clustering guna menganalisis sejumlah besar data, yang diambil dari penelitian Alzheimer’s Disease Neuroimaging Initiative.

Data tersebut bersumber dari tes kognisi, pemindaian otak, dan cairan tulang belakang. Adapun penelitian ini melibatkan 562 orang yang mengalami gangguan kognitif ringan.

Saat ini, AI pendeteksi dari Alzheimer tersebut sedang dikembangkan lebih lanjut untuk menghasilkan data yang lebih akurat. [NC/MS]

 

SourceWe Forum

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0