telset
spot_img

Duh, Dua Situs ini Sering Dipakai Teroris untuk Mengirim Uang

Telset.id, Jakarta – Tindak teroris di seluruh dunia kini semakin sering terjadi di seluruh dunia. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dunia untuk menghentikan hal tersebut, seperti melakukan pengawasan chat dan memotong jalur pendanaan bagi para teroris.

Namun ternyata, menurut FBI, meskipun jalur pendanaan bagi para kelompok teroris seperti ISIS sudah di potong, mereka masih menemukan cara untuk membawa masuk uang ke sebuah negara. Cara yang mereka lakukan adalah dengan menggunakan situs e-commerce eBay dan melalui PayPall.

Hal ini terungkap saat pihak FBI menangkap salah satu teroris di Amerika. Dalam pemeriksaan, pria yang diketahui bernama Mohamed Elshinawy mengaku pernah menjual sebuah printer miliknya dengan harga tinggi hanya untuk memasukkan uang dari pendana teroris.

Selama melakukan tindakannya, pemilik sebuah toko komputer tersebut mengaku sudah menerima uang sebesar USD 8.700 atau sekitar Rp 116 juta untuk pendanaan ISIS di Amerika, dengan seolah-olah menjual barang ke pihak tertentu dan menerima pendanaanya melalui PayPall.

Saat dikonfirmasi, pihak eBay mengatakan bahwa mereka tidak akan menoleransi bentuk kriminal apapun di situs mereka. Mereka akan melakukan tindakan tegas kepada setiap penggunanya yang terdeteksi melakukan tindak kriminal.

“Kami menginvestasikan waktu dan sumber daya kami untuk mencegah aktivitas teroris di platform kami. Kami secara proaktif melaporkan aktivitas yang mencurigakan dan menanggapi permintaan yang sah untuk mendukung badan penegak hukum dalam penyelidikan mereka,” ujar pihak eBay seperti dikutip dari laman The Verge.

Dengan melakukan hal tersebut, pihak Kepolisian dan para pemilik e-commerce dapat membantu menekan angka terorisme dengan cara memotong aliran dana dari kelompok teroris manapun. [NC/MS]

SourceThe Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0