Keren! Robot Ini Rakit Perabotan IKEA Dalam 20 Menit

rakit perabotan IKEA

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan asal Nanyang Technoligical University di Singapura berhasil menciptakan dua lengan robot yang mampu rakit perabotan IKEA hanya dalam waktu 20 menit saja. Keberhasilan itu mereka capai setelah menghabiskan waktu selama tiga tahun untuk mengembangkannya.

Untuk merakit kursi kayu dari perusahaan furnitur asal Swedia itu, robot tersebut hanya butuh waktu 20 menit 19 detik saja. Kemampuan ini tak terlepas dari algoritma yang telah dikembangkan para ilmuwan yang dipadu oleh adanya grip atau alat genggam dan kamera 3D pada kedua lengan robot.

Dilansir dari CNBC, selain dapat merakit perabotan dari IKEA, robot itu pun dimungkinkan untuk melakukan tugas-tugas yang kompleks, berkat kualitas lengannya yang menyerupai kemampuan tangan manusia.

Baca Juga: Perkenalkan Daisy, Robot Daur Ulang Bikinan Apple

“Dua lengan robot bergerak tanpa bersinggungan satu sama lain. Mereka bisa mendeteksi dan berbagi tugas dengan sangat baik,” kata Asisten Profesor Pham Quang Cuong.

“Melalui upaya rekayasa yang cukup berat, kami mengembangkan algoritma yang akan memungkinkan robot untuk mengambil keputusan dalam merakit kursi secara mandiri,” imbuhnya.

Baca Juga: Sstt… Ada Robot Seks Pria dengan “Senjata” Bionic

Sama seperti manusia, dua lengan robot itu mengamati potongan kursi yang terpisah sebelum memulai tugas. Kemudian, mereka berusaha menemukan cara tercepat dalam merakit berkat algoritma yang telah tersimpan di dalam sistemnya.

Setelah itu, robot langsung dapat bekerja sama untuk mencari tahu lubang di setiap kayu dan memasangkan setiap potongan dengan benar. Hingga pada akhirnya perabotan IKEA telah selesai dirakit. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here