JAKARTA – Percaya atau tidak, kini Anda bisa mendapatkan banyak hal dengan menjadi bintang YouTube. Dimulai dari ketenaran, hingga akhirnya mendapatkan kontrak TV, mendapat kesempatan untuk menulis buku, dan membeli mansion seharga jutaan dolar. Bagaimana semua itu terjadi? Apalagi kalau bukan berkat basis fans yang mencapai hingga jutaan.
Seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (4/3/2015), sebuah survei dari perusahaan konten digital Defy Media menemukan alasan mengapa para bintang digital media mendapatkan tempat di hati para anak muda dan remaja.
Berdasarkan studi Defy Media melalui wawancara mendalam serta survei di sosial media, ditemukan hasil bahwa 62% warga Amerika Serikat usia 13-24 tahun menyukai digital media, hanya karena digital media membuat mereka merasa baik.
“Salah satu alasan mengapa orang lebih memilih digital media ketimbang TV karena mereka menyukai kontennya. Konten tersebut mudah mereka cerna dan membuat mereka nyaman mengenai diri mereka,” kata Andy Tu, EVP Marleting di Defy Media.
Banyak usia remaja antara 13-17 tahun, atau disebut millenial, mengatakan bahwa mereka mengagumi bintang youTube lebih daripada bintang Holywood. Menurut Tu, para millenial ini melihat bintang YouTube sebagai pribadi apa adanya seperti mereka, bukan orang yang mengejar kekayaan.
Studi Defy mencakup 1.350 orang usia 13-24 tahun yang terdiversifikasi dari berbagai etnis, ras, pendapatan dan edukasi. Studi ini juga melakukan interview mendalam dengan 36 orang. Defy Media menemukan bahwa para remaja ini menghabiskan waktu 11.3 jam untuk online video, misal YouTube dan Vine.
Mereka juga menghabiskan 10.8 jam per minggu untuk video berbayar seperti Netflix dan Hulu plus. Mereka juga menghabiskan 6,4 jam per minggu untuk menonton tawaran online gratisan di jaringan kabel, serta mereka menonton 8.3 jam per hari menonton televisi.
Nah, untuk lebih jelasnya, simak cuplikan video wawancara Defy Media berikut ini. [AI/IF]