Kebijakan Pemblokiran Internet Bikin Ekonomi Rugi Rp 110 Triliun

Telset.id, Jakarta – Kebijakan pemblokiran internet berbagai negara tahun 2019 berdampak pada dinamika ekonomi. Kebijakan tersebut diprediksi membuat ekonomi merugi hingga USD$ 8 Miliar atau Rp 110 triliun.

Dilansir Telset.id dari Asia One pada Jumat (10/01/2020) Top10VPN.com merilis laporan bahwa ada 122 kebijakan pemblokiran internet dengan total durasi 18.225 jam dan terjadi di 21 negara. Jika ditotal pemblokiran tersebut akan membuat ekonomi rugi hingga USD$ 8 Miliar atau Rp 110 triliun.

“Pemadaman internet membuat seluruh ekonomi digital terhenti. Mereka juga menyebabkan kerusakan abadi dengan berkontribusi pada hilangnya kepercayaan investor dan melukai ekonomi informal dengan mengganggu aliran uang yang dimungkinkan oleh platform media sosial dan transaksi uang seluler,” ujar Pemimpin Hak Digital Top10VPN,Samuel Woodhams.

{Baca juga: DPR RI Baru Harus Kritisi Kebijakan Pemblokiran Internet}

Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara mencatat kerugian terbesar yakni mencapai  USD$ 3,1 miliar atau Rp 42,6 Triliun. Apalagi tahun lalu Iran dan Irak sempat lama melakukan pemblokiran internet untuk meredam protes anti-pemerintah di negara mereka.

Semuel juga mengatakan 5 negara yang ekonominya paling terpukul oleh gangguan internet dan media sosial tahun lalu adalah Irak, Sudan, India, Venezuela, dan Iran. Sedangkan platform media sosial yang paling terkena dampak pemblokiran internet adalah WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube.

Terlepas dari dampak negatifnya terhadap ekonomi global, Hak Asasi Manusia (HAM), dan proses demokrasi, pemblokiran internet diperkirakan akan berlanjut tahun ini, dengan kerugian ekonomi global cenderung bertambah.

{Baca juga: Wiranto akan Buka Blokir Internet Jika Papua Kondusif}

Di Indonesia pemerintah sempat melakukan pemblokiran internet di Papua pada tahun 2019 ini. Hal tersebut dilakukan untuk meredam kerusahaan yang terjadi di daerah tersebut.

“Ketika ekonomi digital global terus tumbuh, dampak ekonomi dari penutupan internet hanya akan meningkat,” kata Woodhams dari Top10VPN.com. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0