Tanggapan Telkomsel Terkait Kabar Peretasan SMS

Telset.id, Jakarta – Telkomsel buka suara atas kasus peretasan SMS di nomor Telkomsel yang viral di Twitter. Telkomsel membantah terjadi peretasan dan mengklaim jika seluruh sistem keamanan mereka berfungsi dengan normal.

Menurut VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin tidak ada peretasan data yang terjadi di sistem operasional.

“Telkomsel memastikan saat ini sistem kemananan seluruh operasional perangkat berfungsi normal dan tidak terdeteksi adanya peretasan,” kata Denny.

Melalui keterangan resmi yang diterima pada Selasa (02/09/2020) Denny mengatakan jika hingga saat ini data pelanggan tetap aman tersimpan di sistem internal mereka. Selain itu Telkomsel tetap menjaga kerahasiaan data pelanggan agar tidak bocor ke pihak lain.

{Baca juga: Cara Aktivasi Paket Kuota Ketengan Unlimited Telkomsel}

“Telkomsel memastikan dan menjamin hingga saat ini data pelanggan yang tersimpan dalam sistem Telkomsel tetap aman dan terjaga kerahasiaannya,” tambah Denny.

Selama ini Telkomsel secara konsisten telah menerapkan sistem pengamanan, termasuk operasional sistem perlidungan dan keamanan data pelanggan dengan prosedur standard operasional tersertifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Terakhir Denny menyarankan agar masyarakat khususnya pelanggan Telkomsel untuk terus menjaga kerahasiaan data mereka.

{Baca juga: Telkomsel Rilis Kuota Ketengan Unlimited untuk Youtube dkk}

“Telkomsel senantiasa menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kerahasiaan data pribadi, termasuk informasi password, PIN ataupun OTP yang digunakan sebagai verifikasi akses layanan digital,” tutup Denny.

Sebelumnya kabar kasus pemerasan dan peretasan pengguna nomor Telkomsel menjadi viral di Twitter. Kasus ini diungkapkan oleh peneliti keamanan siber dan hingga kini ramai menjadi perbincangan netizen di Twitter.

Kasus ini dicuit oleh peneliti sekaligus konsultan keamanan siber Teguh Aprianto melalui akun Twitter miliknya @secgron pada Selasa (01/09/2020). Teguh mengatakan jika ada orang yang bernama Daryl yang mengaku menjadi korban pemerasan.

Kemudian Daryl membagikan screen capture email yang diterima oleh Darly. Setelah diteliti ternyata Daryl adalah korban peretasan. Pelaku peretasan diduga menggunakan alat atau tool internal dari Telkomsel untuk meretas dan membaca isi SMS korban.

{Baca juga: Kasus Peretasan SMS di Nomor Telkomsel Viral di Twitter}

“Ketika korban memberikan bukti sebuah email, saya melihat data yang tak biasa. Si pemeras ini menggunakan tool internal milik @Telkomsel untuk membaca isi sms korbannya,” cuit @secgron. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0