Kafe di Korea Selatan Hadirkan Robot Barista 5G

Sigit Nugraha

Telset.id, Jakarta – KT telah menerapkan teknologi jaringan 5G untuk robot barista di sebuah kafe tak berawak di dekat Stasiun Gangnam di Seoul selatan, Korea Selatan.

Di kafe bernama “B; eat,” yang dioperasikan oleh waralaba kopi lokal dal.komm, robot barista menerima pesanan dan menyajikan minuman dan kopi kepada pelanggan.

{Baca juga : Smartphone 5G Samsung Siap Melenggang di MWC 2019}

Menerapkan jaringan nirkabel 5G ke toko, kafe robot milik KT yang telah dioperasikan oleh internet kabel bahkan disebut bisa menawarkan layanan yang boleh dikatakan memiliki kecepatan dibandingkan kafe konvensional.

KT memasang hotspot seluler 5G (MHS) di kedai kopi sehingga robot dapat menerima sinyal dari BTS. Jaringan 5G di kafe itu digunakan untuk mengirim status robot.

“Status robot dan CCTV berkualitas tinggi dikirim ke menara kontrol 24 jam sehari. Robot juga mengenali pengunjung dan mengirim rekaman video kepada manajer,” kata pihak KT.

Menurut Korean Times, dikutip Telset.id pada Kamis (27/12/2018), kedai kopi tersebut diklaim sebagai yang pertama di dunia yang menampilkan robot barista ber jaringan 5G.

“Kafe barista milik KT adalah kafe robot 5G pertama di dunia. Kafe itu menawarkan layanan 5G secara nyata,” rambah Park Hyun-jin, kepala divisi bisnis 5G KT.

Menurutnya, robot berbasis jaringan 5G akan menjadi platform inovatif yang dapat membawa perubahan bagi konsumen dan seluruh industri, bukan hanya di Korea Selatan.

{Baca juga : Indosat Tunggu Regulasi Pemerintah Terkait Jaringan 5G}

Untuk membuat robot lebih pintar, berdasarkan informasi terkini, KT akan menerapkan teknologi pengenalan suara dan kecerdasan buatan alias artificial intelligence.

Nantinya, dengan fitur-fitur yang ada, pelanggan bakal bisa membuat pesanan suara dan menerima lebih banyak layanan yang disesuaikan melalui teknologi kecerdasan buatan. (SN/MS)

 

Leave a Comment