Jokowi Ajak Bukalapak Ikut Kembangkan Ekosistem UMKM

Telset.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ajak BukaLapak agar turut serta mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jokowi menginginkan agar Bukalapak mengembangkan ekosistem UMKM, sehingga dapat sesuai dengan keinginan pasar saat ini.

Ia menyatakan, e-commerce itu harus membangun ekosistem online yang terintegrasi dengan ekosistem offline, seperti UMKM. Tujuannya, agar seluruh UMKM yang ada bisa masuk ke ekosistem Bukalapak.

“Saya mengajak Bukalapak agar membangun ekosistem online ini supaya sambung dengan ekosistem offline-nya, artinya seluruh UMKM yang ada di negara kita semuanya bisa masuk ke Bukalapak, melalui kerjasama dengan kementerian yang ada,” katanya, saat menghadiri Ulang Tahun Bukalapak Ke-9 di Jakarta, Kamis (10/01/2019).

{Baca juga: Jokowi: Revolusi Industri 4.0 Peluang bagi Anak Muda}

Menurutnya, jumlah pelaku UMKM di Indonesia sangatlah potensial, tepatnya mencapai 56 juta UMKM. Namun, ada masalah yang dihadapi oleh UMKM, yakni terkait kegiatan pemasaran.

“Tapi ada banyak problem di UMKM kita yang berkaitan dengan bagaimana membangun brand, bagaimana mengikuti desain yang sesuai dengan keinginan pasar, bagaimana membuat kemasan agar menarik pembeli dan persoalan lain yang menyangkut modal,” jelas Jokowi.

E-commerce tersebut kata Jokowi, merupakan bagian yang ikut membangun ekonomi di Indonesia. Sebab, mereka telah memberikan dukungan untuk kemajuan usaha kecil di Tanah Air.

{Baca juga: Presiden Jokowi Ingatkan Dampak Revolusi 4.0}

“Saya ucapkan selamat ulang tahun yang ke 9 kepada Bukalapak, terima kasih atas kerja kerasnya, atas segala semangat positifnya dalam ikut membangun ekonomi di negara kita Indonesia. Untuk kita semua, selamat berlapak di tahun 2019 ini,” Kata Jokowi menutup sambutannya.

Salah satu terobosan yang dilakukan e-commerce ini adalah memberdayakan warung untuk terhubung dengan teknologi, sejak diperkenalkan pertama kalinya pada awal tahun 2017, dan berlanjut hingga saat ini.

E-commerce itu juga telah memberdayakan lebih dari 500 ribu warung dan 700 ribu pelaku usaha mandiri di seluruh Indonesia. Termasuk merangkul lebih dari empat juta pelapak dan 50 juta pengguna se-Indonesia.

{Baca juga: Jokowi Minta Tiap Kota Siapkan SDM Ahli Teknologi}

Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky mengatakan bahwa berbagai inovasi dari segi teknologi dan kampanye kreatif yang dihadirkan merupakan prioritas Bukalapak dalam meningkatkan kenyamanan para pengguna.

Zaky mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus menerobos batas dan menciptakan inovasi mutakhir untuk memberikan solusi bagi masyarakat.

“Mitra Bukalapak merupakan wujud nyata dari komitmen kami dalam memberdayakan usaha kecil secara menyeluruh serta mendorong penetrasi digital. Melaui Mitra Bukalapan, warung dapat semakin naik kelas karena semakin terhubung dengan teknologi,” pungkasnya. (NM/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0