Jennifer in Paradise, Kisah Dibalik Gambar Photoshop Pertama

Jennifer in Paradise

Jakarta – Teknologi editing kini telah sangat maju dan menakjubkan. Berbagai gambar bisa dihasilkan dengan indahnya dengan rekayasa teknologi editing. Salah satunya yang sangat dikenal adalah, Photoshop. Kapan mulainya Photoshop diciptakan, dan seperti apa hasil gambar pertamanya?

Jika melihat gambar di atas seperti tidak ada yang terlalu istimewa. Namun foto yang diambil pada tahun 1987 oleh John Knoll itu menjadi istimewa karena merupakan gambar pertama yang menggunakan teknologi editing dan menjadi sejarah kemunculan Photoshop.

Wanita yang ada dalam foto itu bernama Jennifer, yang adalah merupakan istri dari John Knoll. Saat itu kedua pasangan muda yang bekerja bersama di Industrial Light & Magic (ILM), sebuah perusahaan efek khusus Lucasfilm sedang menikmati hari libur kerja mereka.

Jennifer yang menggunakan bikini di foto oleh Knoll di pantai BoraBora, Tahiti dengan memandang ke sebuah pulau bernama To’opua. Secara teknik fotografi, mungkin sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa dari foto Jennifer tersebut. Namun gambar itu menjadi sebuah catatan penting bagi perkembangan industri editing seperti sekarang.

Yup, dari gambar itulah Knoll berhasil menciptakan sebuah hardware yang dikenal sebagai Pixar Image Computer, perangkat lunak pertama yang dapat digunakan untuk memanipulasi gambar.

“Saya pikir itu menakjubkan. Fakta bahwa Anda bisa mengambil gambar dari film, scan dan mengubahnya menjadi angka dan kemudian memanipulasi angka-angka dan meletakkannya kembali ke dalam film. Itu berarti bahwa secara harfiah tidak ada batasan apa yang bisa Anda lakukan di tengah-tengahnya,” ujar Knoll seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (22/6/2014).

Pada awalnya, Knoll salah satu pengembang Adobe Photoshop, mengalami kesulitan, karena untuk mengembankan mesin Pixar membutuhkan biaya ratusan ribu dolar. Dan untuk menjalankanperangkat lunak pengolah gambar yang begitu kompleks itu butuh seorang operator yang terlatih khusus.

Knoll kemudian mengunjungi saudaranya bernama Thomas yang saat itu tengah menyelesaikan doktor ilmu komputer di University of Michigan. Knoll terkejut mendapati saudaranya itu juga sedang mengembangkan perangkat lunak serupa dengan Macintosh Plusyang jauh lebih murah.

Knoll kemudian meminta saudaranya itu untuk mengembangkan aplikasi tersebut. “Itu benar-benar hanya hobi pada awalnya. Tapi aku terus memintanya untuk menambahkan lebih banyak fitur,” kata Knoll.

Akhirnya mereka memiliki sesuatu yang John percaya bisa mereka jual. Satu-satunya masalah adalah, dengan begitu sedikit gambar digital yang tersedia pada saat itu, sulit untuk menunjukkan apa yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi baru mereka.

Tak hilang akal, Knoll kemudian mengunjungi temannya di Advanced Technology Group lab Apple, untuk bisa menggunakan salah satu dari scanner flatbed mereka. Nah, saat itu satu-satunya foto yang dia bawa adalah foto istrinya, Jennifer yang berpose di Tahiti tadi.

Maka kemudian, foto hasil editan Knoll itu dinamai “Jennifer in Paradise” dan selanjutnya diketahui sebagai image hasil olah Photoshop pertama di dunia.

Well, kini teknik editing menggunakan Photoshop sudah sangat maju. Dan untuk merayakan ulang tahun Photoshop yang ke 27 tahun, Knoll memposting sebuah video yang menunjukan demo pertama Photoshop. Simak videonya di bawah ini:

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0