Jelang Ramadan, Indosat Gelar Test Jaringan di 5 Kota

Telset.id, Jakarta – Menjelang bulan suci Ramadan, Indosat Ooredoo menggelar test jaringan serentak di 5 kota yakni Solo, Malang, Padang, Banjarmasin dan Makassar pada Kamis 25 April 2019 kemarin.

Alasan dipilihnya 5 kota tersebut karena mereka merepresentasikan kantong-kantong mudik yang memiliki potensi terjadinya kepadatan tujuan mudik, dan kenaikan trafik telekomunikasi yang cukup tinggi.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic mengatakan bahwa pihaknya memahami kebutuhan telekomunikasi selama Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah nanti. Untuk itu pihaknya telah menyiapkan infrastruktur jaringan 4G plus supaya kualitas berkomunikasi pelanggan Indosat semakin meningkat.

”Kami sangat memahami kebutuhan telekomunikasi yang handal selama masa-masa peningkatan trafik telekomunikasi seiring dengan meningkatnya aktifitas masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran, ucap Dejan

{Baca juga: Indosat Ooredoo Ajak Siswa Sekolah #BijakBersosmed}

“Penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan juga menjadi komitmen kami untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami antisipasi semakin baik di momen penting tersebut,” tambahnya.

Uji jaringan dilakukan di berbagai spot pusat keramaian yang biasa terjadi kepadatan masyarakat saat Ramadhan dan Lebaran. Daerah tersebut diantaranya di alun-alun kota Malang, De Tjolomadu Solo, Jembatan Siti Nurbaya Padang, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, dan pantai Losari Makassar.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Tim Telset.id pada Jumat (26/04/2019) kegiatan tersebut dilakukan untuk melihat kualitas sinyal serta kecepatan akses internet/data yang bisa dinikmati pelanggan dan masyarakat pada masing-masing lokasi.

Hasilnya diperoleh kecepatan maksimal download berkisar antara 62,7 Mbps hingga 104,7 Mbps, dengan rata-rata kecepatan download 85,33 Mbps. Khusus di beberapa titik keramaian di 5 kota tujuan mudik tersebut diperoleh kecepatan download hingga 93 Mbps untuk di Losari, Makassar, lalu 76,5 Mbps di Kawasan Bandara Adi Sumarmo Solo, 62,7 Mbps di Kawasan Alun-Alun Malang, 89,7 Mbps di Kawasan Gunung Padang, Sumatera Barat dan 104,7 Mbps Kawasan Patung Bekantan Banjarmasin.

{Baca juga: Indosat Ooredoo Geber Solusi Digital untuk Infrastruktur Publik}

Selama uji jaringan Indosat juga dilakukan pengetesan kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran Mean Opinion Score (MOS) yang menunjukkan bahwa 4,47% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5).

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, di mana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.[NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -