Jakarta Dikepung Banjir, Operator Siaga

Bencana banjir di JakartaJAKARTA –  Beberapa wilayah di Jakarta dalam beberapa hari terakhir dikepung banjir. Sejumlah operator seluler langsung mencanangkan siaga banjir untuk memastikan jaringannya tetap bisa beroperasi.

Telkomsel sudah memastikan kesiapan jaringannya di dalam menghadapi potensi terjadinya bencana banjir di Jakarta tahun ini. Kesiapan dilakukan terhadap alat-alat produksi, sehingga jaringan Telkomsel diharapkan akan tetap dapat berfungsi dengan baik melayani pelanggan, sekalipun di tengah-tengah bencana banjir.

“Saat ini kami tengah melakukan berbagai langkah antisipatif guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh bencana banjir di Jakarta. Salah satunya adalah memastikan kesiapan alat produksi kami, sehingga kelangsungan jaringan tetap aman dan pelanggan tetap dapat menikmati layanan yang prima sekalipun terjadi bencana banjir,” kata Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi, dalam keterangant tertulis, Rabu (11/2/2015).

Dia mengungkapkan, sepanjang tahun 2014 Telkomsel telah melakukan identifikasi terhadap 240 titik BTS yang berpotensi mengalami gangguan dan terendam banjir, dan sudah dilakukan langkah antisipatif, seperti peninggian lokasi.

Adapun saat terjadi bencana Telkomsel menyiapkan 123 unit genset portable dan mobile untuk dikerahkan menyuplai BTS-BTS yang putus aliran listriknya. Selain itu Telkomsel telah menambah kapasitas baterai backup di semua lokasi rawan banjir.

Di titik-titik penting yang merupakan sentra infrastruktur telekomunikasi, Telkomsel menyiapkan 6 posko monitoring siaga banjir, yakni di Gedung TTC Buaran, Gedung TTC BSD, Gedung TTC TB Simatupang, TTC Meruya, Serang dan Karawang.

Di tiap posko itu akan disiapkan pendukung alat produksi seperti mobile genset, dan juga unit siaga bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity).

Adapun pelayanan pelanggan Telkomsel juga berlangsung seperti biasa. Saat ini layanan Area Jabotabek Jabar didukung 84 titik layanan yaitu dengan rincian 19 kantor GraPARI Telkomsel, 61 kantor GraPARI kerjasama dengan mitra, 2 kantor GraPARI Loop Station, 1 kantor GraPARI Digilife dan 1 kantor layanan di Lounge Bandara Soekarno Hatta.

Sukardi lebih lanjut menjelaskan, terkait dengan tim siaga bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity) yang sejak tahun 2010 selalu aktif turun membantu berbagai penanganan bencana di Tanah Air.

Tim ini dibekali dengan keahlian khusus di bidang tanggap bencana dan siap diturunkan di daerah-daerah bencana dengan fokus pada sisi medis, komunikasi, evakuasi, sekaligus membantu melakukan  recovery bila terjadi gangguan pada jaringan Telkomsel.

“Hal ini amat penting mengingat ketersediaan jaringan telekomunikasi saat bencana amat penting untuk percepatan tindakan penyelamatan,” tandasnya.

Indosat Sigap Antisipasi Banjir

Hal yang sama dinyatakan Indosat yang memastikan sigap dalam mengantisipasi kondisi banjir Jabodetabek yang mulai terjadi secara intensif sejak 9 Februari 2015 lalu.

Tim teknis Indosat telah menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan apabila terjadi kondisi emergency seperti genset dan bahan bakar tambahan untuk keperluan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS).

Selain itu untuk keperluan darurat dan evakuasi, juga sudah disiapkan mobil offroad dan perahu karet untuk dapat menerjang lokasi banjir. Persiapan ini sepenuhnya dilakukan sebagai antisipasi dan usaha recovery jaringan jika terjadi kondisi banjir dan adanya pemadaman listrik.

“Kami bersiap akan kondisi darurat banjir dan berusaha seoptimal mungkin untuk tetap memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan. Sebagai informasi, saat ini memang ada beberapa site kita yang tidak berfungsi namun secepat mungkin tim teknis berusaha untuk mengembalikan layanan sebagaimana biasa,” ujar Mirza Helmi, Group Head Customer Experience Indosat.

Pihak Indosat membuka layanan contact center untuk Layanan Selular di 111 dari nomor Matrix, atau di 100 dari nomor Mentari dan IM3. Indosat juga menyiapkan layanan Twitter di @indosatcare atau email customer_service@indosat.com.

Sedangkan untuk Layanan Korporasi, pelanggan dapat menghubungi 021-30008686 atau alamat email corporatesolution@indosat.com dan mobile.corporate@indosat.com. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI