iPhone Donald Trump Disadap Mata-mata China dan Rusia

Telset.id, Jakarta – Badan Intelijen Amerika Serikat (AS) dilaporkan sedang menyelidiki kemungkinan penyadapan terhadap iPhone milik Presiden AS, Donald Trump. Dikabarkan, iPhone Donald Trump disadap oleh China, ketika Trump melakukan pembicaraan.

Hal ini, terbongkar dari laporan The New York Times pada Rabu (24/10/2018).

Dilansir Telset.id dari CNET, Kamis (25/10/2018), intelijen AS mencurigai bahwa China akan menggunakan informasi penyadapan sebagai dasar dalam menentukan arah kebijakan pemerintah China saat ini.

Mereka akan memanfaatkan informasi hasil penyadapan untuk mencegah eskalasi perang dagang antara China dan Amerika, demi kebaikan pemerintah China itu sendiri.

Yang cukup mencengangkan, intelijen AS juga mengungkapkan bahwa Rusia melakukan hal yang sama kepada Trump. Namun, penyadapan tersebut tidak akan digunakan dalam menentukan arah kebijakan pemerintah Rusia.

Seperti diketahui, ketika dilantik menjadi presiden, Trump memiliki 3 unit iPhone. Dua di antaranya, merupakan iPhone yang sudah dilindungi pihak keamanan AS. Sedangkan satu lagi, merupakan iPhone pribadi milik Trump.

Meski demikian, Trump lebih sering menggunakan iPhone pribadi. Padahal, ia kerap diperingatkan untuk menggunakan iPhone yang aman ketika melakukan komunikasi.

Alhasil, keputusan Trump untuk tetap menggunakan iPhone pribadi dalam berkomunikasi membuatnya mudah sekali untuk disadap. Diklaim salah seorang pakar keamanan, ia dapat dengan mudah melakukan penyadapat terhadap tokoh dan organisasi politik dari Partai Demokrat, termasuk Trump karena sering menggunakan iPhone pribadi.

“Telepon individu mudah untuk diretas bagi siapa saja yang cukup termotivasi,” katanya.

Kebiasaan Trump ini telah membuat pihak senator khawatir. Tahun lalu, Tom Carper dan Claire McCaskill mengirim surat kepada Menteri Pertahanan AS, James Mattis terkait apakah presiden menggunakan perangkat yang aman untuk melakukan panggilan dan memposting tweet di Twitter.

Mereka takut, jika Trump menggunakan iPhone pribadinya maka potensi penyadapan bahkan peretasan bisa terjadi dan bisa terdampak pada keamanan nasional AS. Sampai sekarang, pihak Gedung Putih masih belum memberikan tanggapan, terkait masalah penyadapan ini. (NM/FHP)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -