iOS 14 Bawa Fitur Terjemahan untuk Browser Safari

Telset.id, Jakarta  – Apple kabarnya menghadirkan fitur terjemahan bawaan (default) untuk Safari dalam pembaruan iOS 14. Selama ini, Apple belum menghadirkan fitur tersebut ke Safari untuk perangkat iOS.

Memang, tak sedikit pengguna perangkat iOS yang mengaku agak kesulitan menjelajahi situs dalam bahasa lain via Safari lantaran belum ada terjemahan bawaan. Sebentar lagi, berkat iOS 14, mereka tak akan lagi bingung.

{Baca juga: iOS 14 Bikin iPad Terbaru Lebih Baik dari Laptop}

Menurut laporan 9to5Mac, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Rabu (3/6/2020), iOS 14 bakal menghadirkan fitur terjemahan di perangkat Apple. Menariknya, fitur terjemahan tersebut bersifat default alias bawaan.

Merujuk versi awal iOS 14 yang sebelumnya bocor, fitur terjemahan di Safari bakal mirip dengan yang ada di Google Chrome. Pengguna akan memiliki opsi untuk menerjemahkan secara manual masing-masing situs.

Kendati begitu, Safari bisa mendeteksi kata-kata yang digunakan di situs dan secara otomatis menerjemahkannya untuk pengguna. Semua diproses secara lokal menggunakan Neural Engine atau Mesin Saraf Tiruan.

Kehadirannya memungkinkan terjemahan untuk bekerja bahkan jika Anda sedang offline atau memiliki koneksi internet buruk. Sebab, terjemahan diproses di perangkat, tidak dikirimi ke Apple dan kembali ke pengguna.

Saat ini, ada cara lain untuk menerjemahkan situs via Safari. Namun, pengguna harus mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti Translator milik Microsoft. Ke depan, pengguna tak perlu lagi ribet pakai aplikasi pihak ketiga.

Sebelumnya telah beredar bocoran informasi yang menyebutkan bahwa iOS 14 akan membawa fitur yang paling dinanti oleh pengguna. Fitur tersebut adalah widget di iPhone dan iPad.

{Baca juga: Fitur Paling Dinanti Apple Fanboy Hadir di iOS 14, Apa Itu?}

Sekadar informasi, jenis widget yang diperkenalkan oleh Apple di iOS sebelumnya mengharuskan pengguna untuk menggeser layar lain untuk mengakses.

Nanti dengan fitur model tersebut, para pengguna merasa cukup kesulitan untuk mengakses. Bahkan, ada laporan bahwa beberapa pengguna sama sekali tidak tahu tentang fitur itu. [SN/HBS]

 

 

SourceUbergizmo

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -