iOS 10 Bawa 10 Kemampuan Baru

Telset.id, Jakarta – Perangkat iOS akhirnya mendapatkan update software terbaru iOS 10. Apple menambahkan banyak kemampuan baru baru sistem operasi mobile buatannya ini. Setidaknya ada 10 hal baru yang bisa Anda dapatkan di iOS 10.

1. User Interface

Wajah baru diberikan Apple untuk lockscreen. Meski terlihat semakin mirip dengan Android, namun iOS 10 bisa menjamin Anda senang dengan kemampuan barunya. Apple memberikan akses cepat untuk membuka kamera dengan cara menggeser layar ke kiri. Sementara jika Anda mengeser layar ke kanan, maka Anda akan menemukan halaman widget. Selain itu ada juga dukungan angkat untuk aktifkan smartphone.

Apple melakukan redesain untuk lokasi notifikasi dengan notifikasi dan widgets bubble baru. Control Center terbagi atas dua tempat, yakni satu area untuk tombol-tombol, sedangkan area lain untuk kontrol musik. Ada tab ketiga pada Control Center yang berhubungan dengan pemintas untuk aksesori Home.

Sementara fitur 3D Touch juga mendapat peningkatan kemampuan, dimana Anda kini bisa mendapatkan lebih banyak petikan informasi dari notifikasi atau aplikasi-aplikasi di homescreen dengan menggunakan 3D Touch.

2. Siri

Siri kini semakin ramah untuk para developer. Asisten digital ini bisa mengirim pesan lewat klien non-Apple, seperti memesan mobil lewat Uber. Bahkan Siri juga memiliki kemampuan untuk mencari foto-foto lewat aplikasi-aplikasi edit foto dari developer aplikasi lain, dan bisa diperintah untuk melakukan pembayaran.

3. QuickType

Dengan bantuan Siri yang semakin pintar, keyboard menjadi lebih optimal dan bisa menebak apa yang ingin disampaikan penulis. Hal itu dapat dilakukan karena analisa dari pesan-pesan yang pernah Anda sampaikan.

4. Photos

Dari sisi tampilan tidak terlalu banyak perubahan. Tapi aplikasi ini sekarang bisa menunjukkan foto-foto pada sebuah peta. Fitur baru lainnya adalah sorting AI dalam Memories, yang akan memindai foto-foto dan mengurutkannya menjadi album-album secara otomatis berdasarkan tempat kenangan, hewan, orang, topik, dan beragam kriteria lainnya.

5. Maps

Apple terus memperindah tampilan aplikasi pemetaannya. Apple Maps kini memiliki tampilan yang lebih baik dengan layer Map yang lebih pintar dan proaktif dalam memberikan bantuan. Tak hanya itu, Maps juga dapat memberikan saran untuk rute tercepat dengan memperhatikan kondisi update lalu lintas. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu melakukan reservasi tempat.

Bahkan pada CarPlay, Maps juga diberi beberapa fitur baru dengan memperluas navigasi perjalanan ke layar di dashboard mobil.

6. Apple Music

Apple Music memiliki tampilan baru yang dapat mempermudah pengguna menemukan lagu yang mereka sukai.

7. News

Selain tampilan baru, News sekarang juga bisa menciptakan subtopik untuk pembaca. Misalnya, Anda sering membaca berita tentang Piala Eropa 2016, maka secara otomatis aplikasi ini akan menciptakan subkategori untuk berita-berita tentang Piala Eropa.

8. Pengendali Perabot Rumah Tangga

Kemampuan baru lainnya adalah mengontrol perabot di dalam rumah dengan menggunakan iPhone. Berbagai perangkat elektronik pintar akan bisa dikendalikan lewat iPhone, seperti lampu, bohlam, pintu dan kuncinya, kamera, pendingin udara, kipas angin, dan masih banyak lagi lainnya.  Semuanya diintegrasikan dalam aplikasi Home, yang memiliki dukungan 3D Touch.

9. Phone

Mengikuti tren kekinian, aplikasi Phone sekarag dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti panggilan VoIP dengan aplikasi pihak ketiga yang bisa menggunakan layar yang sama dengan aplikasi Phone. Selain itu, beberapa layanan seperti Skype, Viber, dan lain-lain akan mendapatkan notifikasi full-screen dengan foto, beberapa pilihan, serta slider penjawab telepon berukuran lebih besar.

10. Messages

Selain Phone, Apple juga memberikan peningkatan kemampuan pada aplikasi Messages. Seperti misalnya dukungan untuk live GIF dan pemutar video, langsung di dalam aplikasi. Selain itu aplikasi Messages sekarang juga sudah bisa menjalankan beragam multimedia. Anda juga tak perlu keluar dari aplikasi saat ingin membuka aplikasi Photos dan Live Camera.

Yang tak kalah menarik, emoji kini memiliki ukuran tiga kali lebih besar, dan Anda bisa mengganti kata-kata dengan emoji hanya dengan mengetuknya saja. Aplikasi Messages juga mendukung tulisan tangan. Anda dapat memakai opsi Digital Touch untuk menulis pesan dengan menggunakan tulisan tangan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here