YouTube Hapus Ratusan Video Jawaban ‘Tugas PR’ Sekolah

Telset.id, Jakarta – Ratusan video di YouTube dihapus setelah penyelidikan BBC berhasil menemukan adanya promosi layanan penulisan esai. Video tersebut biasa digunakan oleh para siswa untuk melakukan manipulasi tugas-tugas sekolah demi meraih kelulusan.

Pekan lalu, BBC mempublikasikan hasil penyelidikan bahwa lebih dari 250 saluran di YouTube telah mempromosikan layanan dari sebuah perusahaan Ukraina bernama EduBirdie. Perusahaan itu menjual esai kepada siswa yang putus asa dalam mengerjakan tugas.

EduBirdie mengatakan bahwa layanannya berguna untuk meneliti subjek, menjaring masukan, serta mendapatkan testimoni sesuai standar pendidikan serta panduan perguruan tinggi. EduBirdie mengklaim layanannya memberi kemudahan bagi siswa dalam merengkuh kelulusan.

Setelah penyelidikan BBC, YouTube langsung bulat membuat kebijakan penghapusan video-video “menyesatkan” itu. YouTube mengatakan bahwa para pembuat konten boleh menyertakan iklan berbayar di video asalkan promosi yang dilakukan sesuai dengan kebijakan.

Namun, belum ada tanggapan dari EduBirdie mengenai langkah tegas yang dilakukan oleh YouTube. Kepada BBC, beberapa waktu lalu, EduBirdie mengatakan bahwa apa yang disajikan dalam video merupakan solusi bagi para siswa dalam mengatasi kesulitan tugas sekolah.

Dalam dasawarsa terakhir, industri yang bekerja membantu memanipulasi tugas-tugas sekolah siswa memang semakin marak. Bahkan, layanan yang diberikan diperuntukkan semua jenjang, mulai siswa sekolah menengah sampai mahasiswa pascasarjana.

Pada 2010, Chronicle of Higher Education menerbitkan laporan karya Ed Dante (yang kemudian mengaku sebagai Dave Tomar) berjudul The Shadow Scholar. Di dalamnya, Dante mengaku telah membantu membuatkan ribuan tugas akademis lewat bantuan EduBirdie.

https://www.theverge.com/2018/5/6/17324856/youtube-removed-hundreds-of-videos-promoted-edubirdie-academic-cheating-service

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here