Waspada! Penipuan Tiket Pesawat Gratis di WhatsApp

Telset.id, Jakarta – Secara tradisional, para pelaku penipuan lebih sering menggunakan layanan SMS untuk melancarkan aksinya. Tetapi kini Anda harus mulai waspada, karena modus penipuan kini mulai bertebaran di layanan pesan instant, WhatsApp. Salah satunya penipuan tawaran tiket pesawat gratis.

Sebelumnya dikabarkan Dilansir Telset.id dari The Sun pada Minggu (20/01/2019), sebuah pesan misterius muncul di WhatsApp yang menawarkan tiket gratis untuk maskapai Singapore Airlines.

Pesan tersebut menuliskan: “Singapore Airlines membagikan tiket gratis untuk merayakan HUT ke-70-nya”.

Pada pesan tersebut si pemgirim juga meminta sang penerima mengetuk tautan tertentu untuk bisa mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tawaran tiket gratis tersebut. Namun sebenarnya tawaran tersebut palsu.

Jika penerima pesan itu mengetuk tautan tersebut, maka yang terjadi adalah dia akan dibawa masuk ke dalam sebuah situs penipuan, dan data pribadi Anda tercuri.

{Baca juga: WhatsApp Android Bakal Pakai Sensor Sidik Jari}

Penipuan itu mulai menyebar di WhatsApp sejak seminggu yang lalu. Pihak Singapore Airlines melalui laman Facebook resmi memperingatkan orang-orang agar mengabaikan pesan dan tautan phishing tersebut.

Dalam pernyataannya, maspakai tersebut menjelaskan jika pesan yang dikirimkan itu adalah penipuan dan bertujuan untuk mengambil data pribadi Anda.

“Telah menjadi perhatian kami bahwa ada sebuah situs web yang mengklaim berasal dari Singapore Airlines, menawarkan tiket pesawat gratis sebagai hadiah, sebelum melanjutkan untuk meminta data pribadi,” tulis pihak Singapore Airlines.

{Baca juga: Universitas Ini Larang Mahasiswanya Pakai WhatsApp di China}

Mereka pun telah melaporkan situs tersebut agar segera dihapus dan memberi saran kepada pelanggan agar berhati-hati ketika mengungkapkan data pribadi ke sumber yang tidak dikenal.

“Pelanggan harus berhati-hati terhadap posting media sosial dan situs web phishing yang tampak mirip dengan situs web resmi kami,” tambahnya. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0