Penipuan via DM Instagram Marak, Waspada Akun Diambil Alih!

Telset.id, Jakarta – Instagram memperingatkan para penggunanya agar lebih waspada ketika menerima pesan penipuan di Direct Message atau DM yang berpotensi mengambil alih akun mereka.

Pengirim pesan penipuan itu mengaku berasal dari Instagram yang sebenarnya merupakan bagian dari serangan phishing berbahaya yang memungkinkan hacker untuk mengambil alih akun pengguna.

Dilansir Telset dari Metro, Kamis (1/4/2021), modus penipuan via DM Instagram tersebut adalah pesan yang mengklaim berasal dari “Pusat Bantuan Hak Cipta” dari Instagram.

Pesan itu memberitahu kepada pengguna bahwa ada salah satu postingan mereka yang melanggar hak cipta. Pengguna diharuskan untuk menghapus postingan itu atau mereka dapat mengklik link yang disisipkan pada DM untuk informasi lebih lanjut.

{Baca juga: Cara Jitu Mendapatkan Verified Instagram, Ini Syaratnya!}

Tautan itu yang dapat mengarahkan pengguna ke situs jahat yang dapat mengambil detail akun Instagram pengguna.

Instagram sendiri mengatakan tidak akan pernah menghubungi pemilik akun secara langsung melalui pesan DM. Atas kejadian ini, pengguna pun diharapkan untuk lebih berhati-hati terhadap penipuan via DM Instagram.

“Jaga akun Anda aman. Anda mungkin mendapatkan email yang seolah-olah dari Instagram, tapi itu bukan (kami). HIndari peretasan dan phishing dengan: Memeriksa setelan Anda untuk mengonfirmasi bahwa kami menghubungi Anda. Tidak ada apa-apa di sana? Maka itu bukan kami,” tegas Instagram lewat akun Twitter resmi.

Untuk melindungi akun dari penipuan melalui pesan DM, Instagram menyarankan pengguna untuk mengaktifkan fitur two-factor authentication atau 2FA yang menambahkan langkah tambahan ke proses login.

Caranya, masuk ke Settings > Security dan pilih Two-Factor Authentication. Anda dapat memilih sistem keamanan dengan mengirimkan kode login via SMS ataupun melalui aplikasi otentikasi seperti Google Authenticator.

{Baca juga: Begini Cara Unggah Instagram Stories Tanpa Aplikasi}

Jika ada yang ingin memeriksa pesan apa yang telah dikirim oleh pihak Instagram, pengguna pun tak perlu repot mengecek DM mereka. Pengguna tinggal masuk ke Settings atau Pengaturan. Kemudian, klik Privasi atau Privacy dan Email dari Instagram atau Emails from Instagram. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0