Cara Jitu Mendapatkan Verified Instagram, Ini Syaratnya!

cara verified instagram

Telset.id – Instagram kini tidak hanya dipakai untuk bersosial media atau berbagi foto video, tapi juga digunakan untuk berbisnis secara personal maupun perusahaan. Tak heran pemilik Instagram kini berlomba-lomba membuat akun Instagram mereka berstatus verified. Lalu bagaimana cara verified Instagram?

Saat ini, Instagram boleh dibilang telah menjadi platform sosial media berbasis foto yang paling populer. Tak hanya sekedar media berbagi foto, aplikasi ini juga telah menjadi profil bisnis yang sangat penting baik bagi personal maupun perusahaan.

Tak heran, para pemilik akun instagram pun berlomba-lomba untuk mendapatkan verifikasi demi membuat profil bisnisnya semakin kredibel. Jika akun Instagram telah terverifikasi, maka akun tersebut akan memiliki lencana dengan logo centang berwarna biru.

Dengan lencana verified Instagram ini, orang-orang pun akan lebih mudah mengenali dan meyakini jika akun tersebut adalah akun resmi, bukan akun bodong alias palsu.

{Baca Juga: Mirip Facebook, Reaction di DM Instagram Bakal Lebih Beragam}

Buat kalian yang saat ini sedang menjalankan bisnis, tentunya akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan pelanggan bila akun yang kalian miliki telah terverifikasi.

Namun bukan perkara mudah untuk mengajukan akun Instagram verified. Kamu perlu melakukan langkah-langkah idenfitikasi kepemilikan dengan cara yang benar. Mulai dari login, membuka profil, hingga menuliskan nama lengkap.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara verifikasi akun Instagram dari tim Telset.id!

Syarat akun Instagram verified

cara verified instagram

Banyak yang mengira untuk bisa membuat akun Instagram verified adalah memiliki jumlah followers yang banyak, atau menjadi influencer. Padahal, itu bukanlah syarat verified Instagram yang mutlak.

Ada akun yang memiliki jutaan followers tetapi tidak mendapat tanda verified. Sebaliknya, ada pula akun yang hanya punya belasan ribu followers tetapi sudah bisa mendapatkan tanda verifikasi tersebut.

Nah, berikut ini beberapa syarat dari Instagram untu siapa pun yang ingin mendapatkan tanda verified. Ada 4 syarat yang harus kalian penuhi:

1. Autentik

Autentik artinya akun Instagram kamu harus mewakili orang, bisnis/perusahaan, atau entitas terdaftar yang asli.

2. Akun Unik

Akun Instagram kamu harus mewakili keberadaan orang atau bisnis yang unik. Setiap orang atau bisnis hanya berhak mendapatkan satu akun yang verified.

cara verifikasi instagram

3. Terkenal banyak dicari

Syarat berikutnya adalah akun Instagram kamu harus mewakili orang, brand, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari. Instagram akan melakukan review akun kamu dari berbagai sumber berita.

4. Lengkapi data

Syarat terakhir untuk membuat akun Instagram verified adalah akun Instagram kamu harus bersifat publik. Kamu juga harus melengkapi akunmu dengan bio, foto profil, dan minimal satu post. Kamu juga tidak boleh mencantumkan link “Tambahkan Saya” ke media sosial lainnya.

Mendaftarkan akun Instagram verified

Jika akun Instagram kamu sudah memenuhi empat syarat tadi, maka kamu sudah bisa mengajukan permohonan tanda verified ke Instagram. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pastikan kamu sudah login ke akun yang kamu ajukan untuk mendapatkan verifikasi.
  • Buka profil, ketuk ikon garis tumpuk tiga di sudut kanan atas, lalu pilih > Settings yang ada di pojok kanan bawah.

verifikasi akun Instagram

  • Kemudian pilih > Account

cara daftar verified instagram

  • Lalu Pilih > Request Verification

Tips verifikasi Instagram

  • Masukkan nama lengkap kamu sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas. Selain itu, tentukan kategori dari akun Instagram yang ingin diajukan verifikasinya.

{Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Instagram, Gratis!}

Jangan lupa juga unggah foto bukti identitas yang diterbitkan oleh pemerintah, dalam hal ini berarti pengguna harus menunggah foto KTP.

cara mendapatkan verifikasi instagram

  • Selesai, kamu tinggal menunggu akun Instagram diverifikasi oleh Instagram.

cara mendapatkan verifikasi instagram

Tips akun Instagram bisa Verified

Cara mendapatkan verifikasi Instagram bukan perkara mudah. Kamu harus membuat Instagram yakin bahwa akun kamu memang layak menyandang tanda centang biru alias verified. Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu prektekan agar akun Instagram kamu bisa verified.

1. Tambah jumlah followers dan engagement

cara verified instagram

Salah satu hal yang bisa membuktikan bahwa kamu layak mendapat tanda verified adalah jumlah followers dan engagement yang tinggi. Tapi repotnya, tidak ada angka pasti untuk mengukur seberapa layak akun kamu sudah bisa disebut sebagai seorang Influencer atau brand terpercaya.

Tapi dengan menambah followers, akan lebih memudahkan kamu menyandang status verified. Kamu bisa menggunakan beberapa trik, seperti mengupload foto di waktu yang tepat, promosikan di media sosial lain, dan membuat post yang menarik.

{Baca Juga: Cara Mencari Teman Baru di Instagram}

2. Buat postingan yang unik

Akun Instagram yang bagus adalah yang unik dan personal. Sering-seringlah memposting hal-hal yang unik yang menggambarkan pribadi kamu yang unik.  Jangan meniru post orang lain, karena lebih baik jadi diri kamu sendiri. Dengan begitu, kamu akan membuat followers merasa tertarik dengan foto dan videomu yang unik.

cara verified instagram

3. Follow Instagram Community Guidelines

Instagram tidak akan memberikan tanda verified pada akun yang melanggar ketentuan mereka. Maka dari itu, salah satu cara penting untuk membuat akun Instagram kamu menjadi verified adalah selalu mematuhi Instagram Community Guidelines.

4. Jaga tanda verified

Jika kamu sudah berhasil mendapatkan tanda verified, maka jagalah tanda “centang biru” tersebut sebaik-baiknya. Karena Instagram bisa mencabut tanda verified jika kamu ketahuan menjual tanda verified tersebut kepada orang lain, menggunakan akunmu untuk mempromosikan layanan atau bisnis lain, dan mendapat tanda verified dari pihak ketiga.

Perlu diingat bahwa meskipun akun kamu sudah layak diverifikasi, pengajuan permintaan tidak menjamin akun kamu akan diverifikasi. Verified Instagram biasanya akan lebih mudah, jika pengguna telah memiliki banyak followers dan juga akun yang diajukan adalah akun Instagram bisnis.

Dengan mengubah akun Instagram personal menjadi Instagram Bussiness, kamu juga dapat mengaitkan akun Instagram ke halaman Facebook Fan Page. Semakin banyak informasi tentang kamu, akan semakin mudah di verified. [IR/IF]

Previous articleSpesifikasi Lengkap Vivo Y19, Update Harga Terbaru 2021
Next article12 Aplikasi Cheat Game Online Terbaik, Pasti Auto Win!

2 COMMENTS

  1. Kalau instagram punya anak bagaimana yaa ??
    Apakah proses verifikasi nya menggunakan nama & identitas orang tua,
    Sedangkan kalau si anak yang bersangkutan masih belum cukup umur (kecil)

    Pertanyaan nya :
    kalau verifikasi nya menggunakan nama & identitas orang tua.
    Nama di instagram yang dimaksud menggunakan nama si anak.
    Apakah bisa ??
    Mohon pencerahan nya

    Terimakasih 🙏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here