5 Dukungan Twitter untuk Pantau Pilkada 2020

Twitter bekerja sama dengan Perludem dan KPU untuk memberikan informasi terbaru mengenai Pilkada Serentak 2020 (Foto : BeritaSatu.com)

Telset.id, Jakarta – Pilkada Serentak 2020 tanggal 9 Desember 2020 semakin dekat. Twitter memberikan beberapa dukungan supaya warganet bisa memantau Pilkada Serentak 2020 di Twitter. 

Public Policy and Philanthropy Director Twitter, Indonesia & Malaysia, Agung Yudha menjelaskan bahwa perusahaan berusaha untuk melindungi warganet supaya mendapatkan informasi terkini mengenai Pilkada 2020. 

“Selama periode pemilu, kami mengambil langkah penting untuk melindungi percakapan publik agar setiap orang dapat memperoleh informasi terpercaya dan terkini secara real-time,” kata Agung. 

“Kami bekerja keras untuk memastikan kandidat dan berbagai pihak terkait, termasuk para pemilih, dapat menggunakan layanan kami secara terbuka, terlepas dari lokasi atau preferensi politik mereka,” sambung Agung. 

{Baca juga: Twitter akan Terima Lagi Permintaan Verifikasi Centang Biru}

Terakhir Agung berharap semoga upaya perusahaan untuk mendukung Pilkada 2020 dapat membuat masyarakat Indonesia bisa melaksanakan pesta demokrasi dengan maksimal. 

“Kami berharap masyarakat Indonesia dapat memperoleh informasi dari berbagai sisi di Twitter dan berpartisipasi dalam percakapan seputar Pilkada yang akan datang,” tutup Agung. 

5 Dukungan Twitter untuk Pilkada

Terdapat 5 dukungan Twitter untuk Pilkada Serentak 2020. Mulai dari kerja sama dengan lembaga penyelenggara serta partai politik hingga emoji spesial yang hadir untuk memeriahkan pesta 5 tahunan tersebut. 

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Kamis (03/12/2020) Twitter memberikan 5 bentuk dukungan dan bagi yang penasaran berikut ini kelima dukungan tersebut. 

Update Info Pilkada Bersama KPU dan Perludem

Twitter bekerja sama dengan Perludem dan KPU untuk memberikan informasi terbaru mengenai Pilkada Serentak 2020 (Foto : BeritaSatu.com)

Twitter telah meluncurkan beberapa inisiatif untuk menginformasikan beberapa pembaruan terkini terkait Pilkada.

Twitter bekerja sama dengan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi melalui akun @Perludem dan Komisi Pemilihan Umum lewat @KPU_ID. 

Twitter juga telah memberikan pelatihan kepada para partai politik peserta Pilkada 2020 dan organisasi sipil tentang cara menggunakan Twitter untuk mendorong diskusi yang sehat di platform.

Emoji Spesial Pilkada 2020

Twitter meluncurkan emoji spesial #Pilkada2020Serentak dengan gambar kotak suara (Foto : Twitter)

Untuk mendorong orang memilih dan berpartisipasi dalam percakapan sipil yang sehat, Twitter meluncurkan emoji spesial Pilkada 2020. 

Bergambar kotak yang digunakan saat pengambilan suara, emoji Pilkada ini dapat digunakan hingga 16 Desember 2020 dan dapat diaktifkan menggunakan beberapa tagar berikut: #Pilkada2020, #PilkadaSerentak2020, #Pilkada2020Serentak.

Twitter List untuk Update Pilkada 2020

Twitter mengajak pengguna untuk membuat Twitter List supaya bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai Pilkada 2020 (Foto : KlikKaltim)

Warganet bisa menggunakan fitur Twitter List untuk dapat mengikuti berita terkini terkait pelaksanaan Pilkada 2020.

Warganet dapat mengikuti atau subscribe ke Twitter List yang sudah dikurasi oleh @TwitterID untuk dapat mengikuti berita terkini terkait pelaksanaan Pilkada yang akan datang.

Anda juga bisa membuat Twitter List yang berisi daftar akun resmi partai politik, kandidat, mitra LSM, serta media di Indonesia.

Twitter Lindungi Integritas Pilkada 2020

Twitter menjaga integritas Pilkada 2020 supaya berjalan lancar (Foto : MudaNews.com)

Twitter telah secara konsisten bekerja untuk melindungi percakapan publik seputar pemilihan umum termasuk Pilkada 2020.

Caranya dengan melakukan pembaruan terhadap kebijakan integritas kewarganegaraan, kebijakan tentang konten politik, dan peraturan Twitter pada umumnya dibuat untuk melindungi percakapan di layanan. 

Twitter juga telah bertemu dengan partai-partai politik peserta Pilkada 2020 untuk memberikan ikhtisar tentang peraturan Twitter seputar pemilu, pembaruan terkini dan upaya melindungi percakapan, serta berbagi kiat praktis untuk tetap aman di Twitter. 

{Baca juga: Baru Dirilis, Fitur Fleets Malah Dibully Warganet Twitter}

Twitter juga telah bertemu dengan KPU untuk memastikan saluran dukungan yang tepat tersedia dalam menyampaikan kekhawatiran dan melaporkan setiap pelanggaran terhadap Peraturan Twitter.

Pantau Perkembangan Pilkada 2020 di Akun Resmi

Pengguna dapat memantau perkembangan Pilkada 2020 melalui akun-akun resmi (Foto : Lampung Post)

Twitter mengajak warganet untuk memantau perkembangan Pilkada 2020 dengan akun-akun resmi dari lembaga negara, organisasi sosial dan partai politik. 

Tujuannya supaya tidak terjebak hoaks dari akun-akun anonim yang tidak jelas sumber datanya. Berikut ini daftar akun lembaga negara serta partai politik yang bisa diikuti untuk memantau perkembangan Pilkada 2020. 

  • Badan Pengawas Pemilu: @bawaslu_RI
  • Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia: @KPU_ID
  • Netgrit: @Netgrit
  • Perludem: @Perludem
  • Partai Amanat Nasional: @Official_PAN
  • Partai Bulan Bintang: @OfficialDPP_PBB
  • Partai Demokrat: @PDemokrat
  • PDI Perjuangan: @PDI_Perjuangan
  • Partai Gerakan Indonesia Raya: @Gerindra
  • Partai Golkar: @PartaiGolkar
  • Partai Hati Nurani Rakyat: @hanura_official
  • Partai Keadilan & Persatuan Indonesia: @pkpi_id
  • Partai Kebangkita Bangsa: @DPP_PKB
  • Partai Keadilan Sejahtera: @PKSejahtera
  • Partai Nasionalis Demokrat: @NasDem
  • Partai Persatuan Pembangunan: @DPP_PPP
  • Partai Perindo: @PartaiPerindo
  • Partai Solidaritas Indonesia: @psi_id

Berbagai dukungan tersebut dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Pilkada 2020. Tujuannya agar warganet memilih calon pemimpin di TPS dan tetap menjalankan protokol kesehatan selama memilih. [NM/HBS]

Previous articleDirumorkan Bikin HP Gaming, Qualcomm Akhirnya Buka Suara
Next articleYeayy! Pengguna Smart TV Sony Bisa Nonton Apple TV+

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here