Tokopedia Ungkap Tren Belanja Kuartal I 2022, Masker Paling Laris!

Telset.id, Jakarta – Tokopedia mengungkap tren belanja di platform selama Kuartal I 2022.  Tercatat, Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Elektronik dan Fesyen menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat pada kuartal tersebut.

Pada kategori Rumah Tangga, misalnya, Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, produk yang paling laris meliputi bantal kepala, stop kontak dan benih/bibit tanaman. Sementara di kategori Kesehatan, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari. 

Disusul minyak goreng, mie instan serta buah-buahan di kategori Makanan dan Minuman; serta  earphone, bohlam lampu serta speaker di kategori Elektronik yang menjadi produk paling banyak dibeli. 

Baca juga: Belanja Lebaran, Tokopedia Ramadan Ekstra Kasih Diskon Hingga 99%

Di sisi lain, produk kaos, sandal serta sneakers jadi yang terlaris pada kategori Fesyen Pria. Untuk kategori Fesyen Wanita, sandal, tas selempang dan daster menjadi produk yang paling laris. 

“Kami juga melihat temuan menarik lainnya dari perilaku belanja masyarakat. Tercatat pengiriman terjauh di Tokopedia, yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura. Pengiriman antar pulau pun semakin meningkat di kuartal I 2022, dengan peningkatan paling tinggi sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua,” jelas Ekhel.

Sejumlah inisiatif diyakini turut mendorong tren belanja di Tokopedia ini. Sebagai contoh Home Living SALEbrations, yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, juga Tokopedia Peduli Sehat, yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan. 

Selain itu, ada juga Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran; serta Tokopedia Nyam! dimana masyarakat bisa mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah, aman dan efisien. 

Berbagai macam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah juga dihadirkan melalui Tokopedia Tekno, serta tak ketinggalan juga berbagai produk fesyen pria dan wanita terbaru yang dihadirkan melalui Zona Ganteng, Women in Style dan Cantik Fest.

Inisiatif Hyperlocal untuk Dukung UMKM

tren belanja tokopedia 2022

Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM lokal di seluruh wilayah Indonesia, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal, yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP). 

Baca juga: “Dilayani Tokopedia” Bantu UMKM Tingkatkan Omzet dan Daya Saing

Melalui inisiatif ini, Tokopedia mencatat beberapa tren pada kuartal I 2022 dibandingkan periode yang sama di 2020. Adapun tren tersebut meliputi:

  • Wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi:  Tanjung Pinang, Pekalongan, Gowa, Gianyar dan Lampung Selatan.
  • Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi: Asmat, Halmahera Utara, Probolinggo, Jepara dan Kepulauan Selayar.
  • Wilayah dengan kenaikan transaksi paling tinggi: Tanjung Balai, Serang, Banyuasin, Karangasem dan Gorontalo.

“Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal agar bisa bangkit bersama dan turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI