Tokopedia dan Dekranasda DKI Ajak Masyarakat Dukung UMKM Lokal

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta – Tokopedia kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung UMKM lokal. Kali ini, perusahaan teknologi lokal itu bahkan menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta guna mengajak masyarakat melakukan hal serupa.

Diungkapkan Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati, antusiasme masyarakat dalam mendukung produk UMKM DKI Jakarta terbilang tinggi. Ini bisa dilihat dari lonjakan jumlah views selama acara Jumat Beli Lokal berlangsung di Tokopedia Play yang mencapai hampir 5 kali lipat di kuartal II 2022 dibandingkan ketika acara disiarkan pertama kali di 2021.

“Kami sangat mengapresiasi upaya Tokopedia dalam mendukung UMKM DKI Jakarta. UMKM lokal harus beradaptasi dan berinovasi lewat platform teknologi agar bisa relevan dengan perkembangan era digital. Kami juga mengajak lebih banyak masyarakat untuk mendukung UMKM DKI Jakarta, salah satunya dengan membeli karya mereka,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Tokopedia melihat kolaborasi ini cukup berhasil, dimana beberapa produk khas Betawi banyak diburu warga Ibu Kota. Seperti misalnya, Baju Pangsi, Blangkon Betawi dan Sabuk Adat Betawi menjadi produk khas Betawi paling dicari di Tokopedia selama perayaan HUT ke-495 DKI Jakarta. 

Sementara, untuk kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Rumah Tangga, Elektronik dan Otomotif menjadi produk lainnya yang masuk kategori paling laris sepanjang kuartal II 2022 di ibu kota.

Menurut Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, tren belanja ini dipengaruhi oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk mendekatkan UMKM di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, dengan pembeli setempat agar punya kesempatan sama untuk bertumbuh. Kampanye Bangga Buatan Indonesia adalah salah satu wujudnya.

“Tokopedia juga terus menyediakan panggung bagi UMKM DKI Jakarta. Misal lewat peluncuran toko JakArtisan bersama Dekranasda DKI Jakarta, pelatihan UMKM Kelas Maju Digital hingga pameran daring produk UMKM DKI Jakarta Jumat Beli Lokal yang disiarkan setiap Jumat di Tokopedia Play,” tambah Astri.

Dari sekian banyak UMKM lokal binaan Dekranasda DKI Jakarta, Dakara Indonesia dan Sancraft merupakan dua diantaranya yang memanfaatkan Tokopedia untuk memulai dan membangun bisnis. 

“Kami mulai berjualan di Tokopedia di awal pandemi karena toko offline harus tutup. Saya juga mengajak ibu-ibu yang tinggal di rumah susun untuk membuat masker, tas pinggang, obi dan lain-lainnya. Sedangkan kami menggandeng penjahit rumahan untuk memproduksi outer, blouse, celana hingga tunik bersama Dakara agar mereka bisa tetap menjaga ekonomi keluarga,” kata Ayu Purnama, Pemilik Dakara Indonesia.

Ia menambahkan, Dakara Indonesia rutin mengikuti berbagai kampanye, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cantik Fest dan Women in Style di Tokopedia. Omzet Dakara Indonesia sendiri 90% berasal dari Tokopedia.

Hal senada diungkap Pemilik Sancraft, Sanjung Sari Pursie. Ia mengaku sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2020, Sancraft berhasil bertahan di tengah pandemi bahkan mampu menjaring lebih banyak pelanggan dari seluruh penjuru Indonesia.

BACA JUGA:

“Seiring berjalannya bisnis, kami pun terus melakukan inovasi, salah satunya dengan memproduksi jenis produk baru, seperti gantungan kunci dan notes,” katanya.

Sanjung memulai usaha setelah mendapatkan respon positif dari rekannya saat menghasilkan totebag dengan ilustrasi buatan sendiri, yang terinspirasi dari karya seniman-seniman di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Kini berbagai ikon khas Jakarta, seperti ondel-ondel, bajaj, bis kota hingga tari jaipong, juga menjadi ilustrasi pada produk Sancraft. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI