Tokopedia Bantu Penerima Kartu Prakerja Sukses Berbisnis Online

Telset.id, Jakarta – Lebih dari 500 kelas pelatihan telah dihadirkan Tokopedia dalam pelaksanaan Kartu Prakerja. Berkolaborasi dengan pemerintah dan sejumlah lembaga pelatihan, perusahaan teknologi ini berperan sebagai penghubung antara penyedia kelas pelatihan dengan masyarakat yang membutuhkan.

Diungkapkan Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, antusiasme peserta dari berbagai latar belakang dalam mengikuti pelatihan kewirausahaan sangatlah tinggi. Terbukti dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi.

“Kolaborasi antara Tokopedia, pemerintah, dan berbagai lembaga pelatihan hingga saat ini mampu menghadirkan lebih dari 550 kelas pelatihan dan menarik partisipasi jutaan penerima Kartu Prakerja dari berbagai latar belakang termasuk petani,” ujarnya.

Baca juga: 5 Cara Hasilkan Passive Income ala Tokopedia, No 5 Paling Seru

Tokopedia pun berkolaborasi dengan mitra strategis, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) dan beragam lembaga pelatihan, dalam melaksanakan berbagai pelatihan bagi para penerima Kartu Prakerja. Baik terkait bisnis, IT dan data, finansial, pemasaran, fotografi, kecantikan, pengembangan diri, tata boga, dan banyak lagi.

Upaya lebih Tokopedia untuk membuat penerima Kartu Prakerja sukses berwirausaha ini sontak saja mendapat apresiasi dari Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja. 

“Adanya petani-petani penerima Kartu Prakerja yang kini bisa berjualan secara online membuktikan bahwa sistem digital dan on-demand yang dipakai Prakerja efektif membekali skills yang dibutuhkan penerima, apapun latar belakangnya. Ini tentu sebuah breakthrough,” jelasnya.

Manfaat dari pelatihan ini dirasakan oleh Harmin asal Pasaman Barat, Sumatera Barat. Dimana akibat lesunya perekonomian selama pandemi, Harmin yang berprofesi sebagai petani mulai memproduksi lukah (alat penangkap ikan) dan mengikuti pelatihan tips berjualan online bagi UMKM. Sejak saat itu, ia menjual lukah secara online dan berhasil menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Senada dengan Harmin. Sahmi Wani juga merasakan manfaat yang sama. Petani asal Sumatera Barat ini menyebut bahwa pandemi sangat berdampak pada ekonomi keluarganya. Namun setelah mengikuti pelatihan berjualan online untuk UMKM, Ia pun membeli sejumlah ayam untuk dipelihara. Kini usaha ternak ayam Sahmi Wani mulai berkembang dan ia menjajakan telur ayamnya secara online

Baca juga: Tokopedia Luncurkan Modul Literasi Keuangan untuk UMKM Lokal

Tokopedia juga terus memberikan kemudahan kepada para penerima Kartu Prakerja dengan menghadirkan, pengecekan sertifikat pelatihan di website Tokopedia dengan lebih mudah dan cepat, memungkinkan MPPKP dan peserta Kartu Prakerja mendapatkan beragam pilihan pelatihan yang menarik, serta membantu proses aktivasi pelatihan dari lembaga pelatihan dengan lebih cepat. 

“Melalui berbagai pelatihan yang diadakan bagi para penerima Kartu Prakerja, kami berharap bisa membantu masyarakat mendapatkan akses terhadap kebutuhan pendidikan demi meningkatkan kompetensi dan produktivitas masyarakat dalam beradaptasi terutama di pandemi ini,” tutup Astri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0