5 Cara Hasilkan Passive Income ala Tokopedia, No 5 Paling Seru

Telset.id, Jakarta – Technology made easy, demikian bunyi sebuah pepatah. Dan benar saja, terbukti dari bagaimana teknologi ini telah memudahkan kehidupan manusia. Dalam banyak hal, termasuk menghasilkan passive income atau pendapatan pasif melalui berbagai jenis produk dan layanan digital. Berikut tips hasilkan passive income dari Tokopedia.

Passive Income atau pendapatan pasif sendiri merupakan jenis pendapatan diterima dimuka yang diperoleh secara otomatis dengan tenaga kerja minimal untuk mendapatkan atau mempertahankan. Hal ini sering dikombinasikan dengan sumber pendapatan lain, seperti usaha sampingan. Lalu, bagaimana caranya untuk menghasilkan passive income ini?

Tokopedia melalui Head of Sales Operations and Products (Digital Goods) Tokopedia, Yosep Aditya Susanto membagikan lima cara menghasilkan passive income dari rumah yang ramah pemula. Apa saja?

  1. Investasi Savings Bond Ritel (SBR) Seri SBR011 – SBR011

Dengan masa penawaran hingga 16 Juni 2022, ini adalah salah satu jenis Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan dan 100% dijamin oleh pemerintah. Kita bisa membeli SBR011 mulai dari Rp1 juta dengan tenor 2 tahun. 

Baca juga: Tokopedia Luncurkan Modul Literasi Keuangan untuk UMKM Lokal

Menurut Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Republik Indonesia (DJPPR Kemenkeu RI), Luky Alfirman, dengan risiko yang rendah, proses pemesanan yang mudah dan pembayarannya bisa secara online misalnya lewat e-commerce, SBR011 sangat cocok untuk dibeli oleh investor pemula. Masyarakat pun bisa ikut berkontribusi dalam pembangunan negara.

“Setelah mendaftarkan diri dan memesan SBR011 melalui mitra distribusi, calon investor dapat melakukan pembayaran melalui fitur Modul Penerimaan Negara (MPN) di Loket Pajak Tokopedia,” tambah Yosep.

Untuk diketahui, selama 2021, nilai transaksi lewat fitur MPN Tokopedia naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan 2020.

  1. Investasi Reksa Dana

Salah satunya melalui Tokopedia Reksa Dana, siapa pun bisa mendaftar dan mulai berinvestasi dengan sangat mudah mulai dari Rp10.000 dan mendapatkan potensi keuntungan sampai 8,5% per tahun. 

Tak hanya itu, ada pula fitur Langganan yang memungkinkan investor mencapai target investasi dengan menentukan nominal dan jadwal investasi sesuai kebutuhan.

  1. Menabung Emas

Dalam tiga tahun terakhir, jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Emas bertumbuh hampir 27 kali lipat. Animo ini menunjukkan emas masih menjadi salah satu pilihan investasi yang relatif aman untuk dijalankan dalam jangka panjang, termasuk selama pandemi. 

“Mulai dari Rp5.000, siapa saja bisa menabung emas di Tokopedia dengan mudah, aman dan terjangkau. Emas juga cocok sebagai dana darurat atau investasi tambahan,” tambah Yosep.

  1. Promosi Link Produk di Medsos

Dengan bergabung di program Tokopedia Affiliate, siapa pun bisa mendapatkan komisi hingga 10% per penjualan dengan mempromosikan produk yang ada di Tokopedia, termasuk yang dihasilkan oleh pegiat UMKM lokal, melalui sosial media. 

Baca juga: Tokopedia Ungkap Tren Belanja Kuartal I 2022, Masker Paling Laris!

“Selain meraih penghasilan tambahan, manfaat lain yang bisa didapatkan dari mengikuti program Tokopedia Affiliate adalah akses terhadap Akademi Kreator Tokopedia. Wadah belajar tersebut memungkinkan kreator konten pemula untuk mendapatkan ilmu dan wawasan dari kreator konten berpengalaman,” kata Yosep lagi.

  1. Jadi Vlogger

Selain membagikan link produk, masyarakat juga bisa lebih kreatif dengan membuat ulasan produk buatan UMKM lokal dalam bentuk video singkat untuk di-upload ke media sosial. Pengguna bisa memperoleh uang tambahan ketika video tersebut ditonton oleh banyak penonton.

“Masyarakat dapat mempelajari kiat membuat video yang menarik dengan tingkat engagement tinggi lewat Akademi Kreator Tokopedia atau mengikuti kursus online dari mitra strategis di Tokopedia Belajar,” tutup Yosep.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI