Pusat Data Meledak, Layanan Google Down dan Tiga Karyawan Kritis

Telset.id, Jakarta – Layanan Google tidak bisa diakses pada Selasa pagi (9/8/2022) lalu. Para pengguna kalang kabut karena tak bisa mengakses berbagai layanan. Kejadian itu disebabkan oleh ledakan listrik di pusat data di Council Bluffs, Iowa, Amerika Serikat.

Layanan Google seperti mesin pencarian dan Gmail tidak bisa diakses mulai pukul 08.41 hingga 09.20. Terdapat lebih dari 40.000 masalah d beberapa layanan Google.

Dilansir New York Post, layanan Google eror disebabkan oleh ledakan listrik di pusat data di Council Bluffs, Iowa, Amerika Serikat. Kejadian tersebut melukai tiga karyawan.

Telset kutip pada Rabu (10/8/2022), tiga karyawan dalam kondisi kritis. Berdasarkan penuturan pejabat setempat, para korban mengalami luka bakar cukup serius.

BACA JUGA:

Tiga tukang listrik sedang bekerja di sebuah gardu di dekat gedung-gedung di pusat data Google di Council Bluffs ketika terkena ledakan listrik atau dikenal sebagai arc flash.

Responden pertama kemudian dikirim ke pusat data Google pada pukul 11.59 waktu setempat sebagai tanggapan atas laporan insiden listrik pada pagi tersebut.

Asisten Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Council Bluffs, Jim Wood, mengatakan, dua korban luka bakar dibawa ke rumah sakit setempat pakai mobil ambulans.

“Satu orang lagi harus dievakuasi menggunakan helikopter. Mereka sekarang sedang dalam perawatan. Kondisi mereka stabil,” kata juru bicara Google, Devon Smiley.

“Kesehatan dan keselamatan semua pekerja adalah prioritas utama kami. Kami bekerja sama dengan mitra dan otoritas lokal untuk menyelidiki peristiwa itu,” tambahnya.

Google menyalahkan pemadaman pembaruan perangkat lunak, bukan insiden di pusat data. Google akan melakukan penyelidikan secara menyeluruh terkait kasus itu.

Sebagai informasi, Google membangun kompleks pusat data di Council Bluffs pada 2007. Sejak saat itu, Google menginvestasikan lebih dari USD 5 miliar atau Rp74,3 triliun.

Asal tahu saja, dalam beberapa tahun terakhir, layanan dan produk Google mengalami beberapa kali permasalahan. Bahkan, problem layanan ada yang terjadi bersamaan.

BACA JUGA:

Pada 14 Desember 2020, Youtube tak bisa diakses.  Hampir bersamaan dengan Youtube bermasalah, Gmail juga mengalami hal serupa, tak bisa diakses oleh para pengguna.

Pada 4 Februari 2021, beberapa layanan tidak bisa digunakan. Para pengguna tidak bisa mengakses mesin pencarian Google. Pun dengan Google Maps, Gmail, Google Meet. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0