Ribuan Orang Jadi Korban Phishing NFT Ozzy Osbourne, Kok Bisa?

Telset.id, Jakarta – Saat membeli NFT, Anda harus memperhatikan aspek keamanan agar tidak menjadi korban kejahatan siber. Sebab baru-baru ini ribuan orang pembeli Non Fungible Token (NFT) Ozzy Osbourne, diduga menjadi korban phishing.

Dilansir Telset dari Gadgets NDTV pada Selasa (25/1/2022), kasus ini bermula saat legenda musik heavy metal Ozzy Osbourne meluncurkan koleksi NFT bernama CryptoBatz.

Osbourne menjual 9.6666 CryptoBatz dengan desain kelelawar khas mantan vokalis Black Sabbath tersebut. Namun selang 2 hari dijual di Discord NFT, muncul keluhan dari pembeli karena kena tipu.

Baca juga: Apa Itu NFT? Aset Digital dengan Penjualan Mencapai Rp 356 Triliun

Mereka ditipu oleh ulah hacker yang melakukan praktik phishing. Modusnya hacker memanfaatkan momen pergantian link penjualan Discord NFT Osbourne yang semula discord.gg/cryptobatznft menjadi discord.gg/cryptobatz.

Hacker menggunakan link lama untuk melakukan phishing dengan tampilan link dibuat semirip mungkin dengan Discord. Lalu ketika ada pembeli yang terjerat, mereka diminta untuk memverifikasi aset kripto dan diarahkan ke situs phishing berbahaya.

Tanpa mereka sadari dompet kripto yang dimiliki pembeli sudah terhubung dengan situs phishing, sehingga hacker bisa mengambil aset kripto dengan mudah. Kasus penipuan ini cukup parah karena korban mencapai ribuan.

Dari panel undangan di link Discord palsu tersebut, ada 1.330 orang yang diduga sudah menjadi korban phishing. Penyebab banyak orang yang tertipu karena link lama sempat diposting di akun resmi @CryptoBatzNFT, sehingga banyak yang mengira kalau link masih berlaku.

NFT Ozzy Osbourne
Cuitan informasi mengenai link lama yang sempat diposting oleh akun @CryptoBatzNFT 

Kasus ini pun cukup ramai diperbincangkan di media sosial, dan ada netizen yang mengaku kalau dirinya jadi korban kasus phishing NFT Osbourne. Ia adalah akun @GoettenGunner yang mengaku kalau dirinya rugi USD 100 atau Rp 1,4 juta, karena dompet kriptonya menjadi korban phishing.

Baca juga: Cara Jualan NFT di OpenSea, Biar Tajir Kaya Ghozali Everyday

“Saya dapat mengirim pesan kepada Anda tentang beberapa penipuan yang mereka ambil sekitar $100 dalam ETH dari dompet saya ketika mencoba membeli CryptoBatz NFT… bantuan apa pun akan sia-sia. Terima kasih,” cuitnya.

Hingga saat ini pihak Ozzy Osbourne belum memberikan tanggapan. Di sisi lain Sutter Systems, selaku pencipta NFT CryptoBatz menyalahkan Discord atas kasus kejahatan siber ini. Discord merespon kritikan tersebut dan sedang melakukan penyelidikan internal. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0