telset

Pakai Nama Meta, Facebook Diminta Bayar Rp286 Miliar

Telset.id, Jakarta – Perusahaan induk Facebook, Meta dimintai uang sebesar USD 20 juta atau Rp286 miliar oleh sebuah perusahaan PC asal Amerika Serikat. Alasannya karena nama Meta telah dipakai oleh perusahaan PC tersebut. 

Dilansir Telset dari TMZ pada Sabtu (6/11/2021), di Amerika Serikat ada perusahaan PC bernama Meta PC. Selama setahun beroperasi perusahaan memakai merek Meta untuk menjual komputer, laptop, tablet, perangkat lunak, dan lain sebagainya. 

Kemudian pada bulan Agustus 2021 perusahaan yang didirikan oleh Joe Darger dan Zack Shutt tersebut, mengajukan merek dagang Meta ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. 

Baca juga: Facebook akan Ganti Nama Metaverse

Tetapi Joe dan Zack kaget karena pada akhir Oktober 2021, Facebook Inc mengubah nama menjadi Meta. Walaupun pengajuan merek belum dikabulkan, tetapi Meta PC sudah beroperasi sejak setahun lalu. 

Oleh karena itu Meta PC meminta uang sebesar USD20 juta atau Rp286 miliar kepada perusahaan induk Facebook itu, jika ingin memiliki nama Meta. Mereka mau mengalah dengan mengganti nama merek kalau mendapat uang dari Mark Zuckerberg. 

Sayangnya Facebook Meta tidak mau mengabulkan permintaan tersebut. Menurut sumber internal, Facebook percaya bahwa mereka memiliki hak yang diperlukan untuk mengadopsi merek dagang Meta.

Perusahaan Joe dan Zack tampaknya menghadapi sengketa ini dengan santai. Buktinya di akun Twitter resmi @MetaPCs, mereka malah menyindir aksi Mark Zuckerberg saat melakukan rebranding perusahaan dengan mengganti tampilan jadi Meta PC. 

Lalu ada video parodi dari Zack Shutt yang mengumumkan kalau perusahaan berganti nama menjadi Facebook. Tampaknya kedua tweet tadi adalah bentuk sindiran terhadap perubahan nama perusahaan induk Facebook, Instagram dan WhatsApp. 

“Pengumuman mengenai nama baru kami dari pendiri kami @zackshutt,” cuit @MetaPCs.  

Facebook Berubah Nama jadi Meta 

Facebook Ganti Nama Bayar

Seperti diketahui bahwa minggu lalu Facebook Inc, induk perusahaan dari Instagram, Facebook, WhatsApp, Oculus, dan lainnya, resmi ganti nama menjadi Meta. Hal ini diumumkan langsung oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg di acara tahunan Connect pada Kamis (28/10/2021).

Nama Meta memiliki makna yang luas. Menurut Zuckerberg, Meta menjadi tanda bahwa perusahaan yang dipimpinnya menempatkan manusia sebagai pusat teknologi.

Baca juga: Sah! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

“Kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk terhubung. Bersama-sama, kami akhirnya dapat menempatkan orang di pusat teknologi kami. Dan bersama-sama, kita dapat membuka ekonomi kreator yang jauh lebih besar,” tuturnya. (NM/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0