Waduh! Password 1 Juta Pengguna Facebook Dicuri Aplikasi Berbahaya

Telset.id, Jakarta – Meta memberikan pengumuman yang mengejutkan mengenai keamanan pengguna Facebook. Raksasa teknologi itu menyebut kalau data password 1 juta pengguna Facebook telah dicuri oleh lebih 400 aplikasi berbahaya.

Dilansir Telset dari Gadget 360 pada Minggu (9/10/2022), Meta menjelaskan kalau kredensial akun mereka mungkin telah disusupi karena masalah keamanan dengan aplikasi yang diunduh dari App Store dan Play Store.

Perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu mengidentifikasi ada lebih dari 400 aplikasi Android dan iOS  yang menargetkan pengguna internet untuk mencuri informasi login akun Facebook.

Dengan kata lain, data pribadi pengguna Facebook seperti nama akun dan password telah dicuri oleh ratusan aplikasi tersebut.

Tidak disebutkan nama ratusan aplikasi yang dimaksud. Meta hanya menuturkan kalau aplikasi berbahaya itu adalah aplikasi editor foto, game seluler, atau pelacak kesehatan.

BACA JUGA:

“Penjahat dunia maya tahu betapa populernya jenis aplikasi ini, dan mereka akan menggunakan tema serupa untuk mengelabui orang dan mencuri akun dan informasi mereka,” kata Director of Global Threat Disruption at Meta David Agranovich.

Motifnya ratusan aplikasi berbahaya itu membutuhkan login Facebook untuk bekerja di luar fungsionalitas dasar, sehingga menipu pengguna agar memberikan nama pengguna dan kata sandi mereka.

Usai memberikan data, tidak ada yang aneh dengan aplikasi tersebut karena aplikasi akan beroperasi secara normal. Namun, pengguna tidak sadar kalau aplikasi itu telah menyusup ke akun mereka.

“Jika sebuah aplikasi menjanjikan sesuatu yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, seperti fitur yang belum dirilis untuk platform lain atau situs media sosial, kemungkinan besar aplikasi tersebut memiliki motif tersembunyi,” sambungnya.

Agranovich menjelaskan kalau aktivitas jahat itu di luar sistem Meta. Meski begitu, Meta berusaha mengatasi masalah tersebut, seperti  memberi tahu Apple dan Google tentang masalah ini untuk memfasilitasi penghapusan aplikasi.

BACA JUGA:

Untungnya Apple mengklaim telah menghapus 45 dari 400 aplikasi bermasalah itu di App Store, begitu juga dengan Google yang telah menghapus semua aplikasi berbahaya itu di Play Store.

Selain menghapus aplikasi, Meta akan berbagi tips tentang bagaimana agar terhindar dari kejahatan siber yang seperti itu, dan mengidentifikasi aplikasi berbahaya. [NM/IF]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0