Pembaca Berita di Televisi Korea Selatan Pakai Presenter AI

Telset.id, Jakarta  – Teknologi AI (artificial intelligence) sudah banyak digunakan diberbagai bidang. Di Korea Selatan bahkan ada stasiun televisi yang menggunakan presenter AI untuk membacakan berita televisi.

Ada alasan kenapa presenter berita masih relevan pada zaman sekarang. Padahal, kita sudah secara mudah membaca berita online. Jawabannya, presenter memiliki kepribadian.

{Baca juga: Rusia Mulai Gunakan Robot Sebagai Pembaca Berita}

Tak hanya itu, presenter televisi juga punya cara menyampaikan berita serta menganalisisnya. Dengan demikian, pemirsa di rumah bisa mendapatkan lebih banyak konteks terkait berita daripada sekadar membacanya.

Namun, sepertinya, suatu hari nanti presenter bisa digantikan oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Hal tersebut telah terjadi di Korea Selatan. Siaran MBN memakai presenter AI bernama AI Kim.

Presenter AI itu sebenarnya didasarkan kepada pembaca berita manusia yang juga bekerja untuk MBN bernama Jim Ju-ha. Saat debut, sebelum membacakan berita, AI Kim memperkenalkan diri ke pemirsa.

“Saya diciptakan melalui pembelajaran mendalam 10 jam video Kim Ju-ha. Saya mempelajari detail suara, cara berbicara, ekspresi wajah, cara bibirbergerak, dan cara ia menggerakkan tubuh,” ujarnya dilansir Ubergizmo.

Yang menakjubkan, dikutip Telset, Senin (16/11/2020), selama debut membawakan acara, AI Kim berhasil berbicara dengan nada dan cara yang sama seperti Jim Ju-ha. Ia juga meniru beberapa gerakan tubuhnya.

{Baca juga: Bikin Pizza Pakai Teknologi AI, Gimana Jadinya?}

Tujuan menciptakan presenter bertenaga AI adalah untuk memungkinkan stasiun berita MBN menyiarkan berita 24/7, terutama ketika pembawa acara manusia mungkin sedang tidur atau sakit karena kelelahan.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -